STY Bertekad Bawa Timnas U-23 Lolos ke Olimpiade 2024

waktu baca 2 menit
Logo Olimpiade 2024 di Paris (*)

JAKARTA-KEMPALAN: Setelah berhasil membawa Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Pelatih Timnas, Shin Tae-yong disebut berambisi membawa Indonesia lolos ke Olimpiade 2024. 

Target baru itu diungkapkan oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga. Arya berkata bahwa Shin Tae-yong punya target meloloskan Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Target ini tentu lebih tinggi daripada apa yang diminta oleh PSSI. PSSI disebut ‘hanya’ menargetkan Timnas U-23 lolos ke Babak 8 Besar Piala Asia U-23 2024.

Arya berkata bahwa target baru itu dikatakan secara langsung oleh Shin Tae-yong sendiri saat bertemu dengan PSSI beberapa waktu lalu. Namun, pertemuan itu disebut sama sekali tak membahas perpanjangan kontrak untuk sang pelatih asal Korea Selatan itu.

Untuk mewujudkan target ini, Shin Tae-yong harus berhasil membawa Timnas U-23 melaju hingga babak semifinal Piala Asia U-23 karena Tim tiga besar di Piala Asia U-23 2024 dipastikan akan otomatis lolos ke Olimpiade 2024. 

“Shin Tae-yong seperti yang disebutkan, malah mengatakan targetnya adalah empat besar Piala Asia U-23 2024,” kata Arya kepada wartawan.

“Artinya masuk Olimpiade 2024. PSSI berangkat dari situ saja. Makanya, kami tidak pernah memperbincangkan masalah memutuskan atau memperpanjang kontrak Shin Tae-yong,” ujar Arya.

Sebelumnya PSSI sudah menggaransi akan memberikan perpanjangan kontrak buat Shin Tae-yong jika Timnas U-23 lolos ke babak penyisihan Piala Asia U-23. 

Garuda Muda harus menjadi juara atau runner-up di Grup A jika mau lolos ke babak penyisihan. Namun, Shin Tae-yong ternyata punya target lebih dari itu. Dia ingin membawa Timnas hingga ke babak semifinal agar dapat lolos ke Olimpiade 2024.

“Tidak ada, memang belum waktunya kok. Baru kemarin, sebulan yang lalu, diperpanjang enam bulan. Makanya kami santai-santai saja,” tutur Arya saat pembicaraan kontrak Shin Tae-yong dan PSSI dalam pertemuan kedua pihak sebelumnya.

“Soal lolos Olimpiade 2024, Shin Tae-yong yang minta. Kami delapan besar Piala Asia U-23 2024 saja. Kalau juara masih jauh. Tapi tidak apa-apa jika delapan besar,” tambah Arya.

(*) Edwin Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *