Setelah Meraih Ballon d’Or Kedelapan, Ini Rencana Messi

waktu baca 2 menit
Lionel Messi yang menggenggam trofi Ballon d'Or 2023. (Foto: Goal)

PARIS-KEMPALAN: Lionel Messi tak tergoyahkan statusnya sebagai pemain terbaik di dunia menurut versi Ballon d’Or. Bahkan, tahun ini Messi merengkuh penghargaan yang diinisiasi tabloid France Football tersebut untuk yang kedelapan kali.

Penghargaan Ballon d’Or yang kedelapan Messi tersebut didapatkan pada malam gala di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa dini hari (31/10). Messi menyingkirkan dua mesin gol Eropa di musim lalu, Erling Haaland (Manchester City) dan Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain).

Sebelumnya, pemain yang berjuluk La Pulga tersebut mendapatkannya pada edisi 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, 2021, dan tahun ini. Messi jauh meninggalkan superstar-superstar lain di sepak bola.

Seperti Cristiano Ronaldo sebagai rival terdekatnya dalam perolehan gelar tersebut. Di saat ini, CR7 baru mengumpulkan lima gelar Ballon d’Or yang terjadi ketika edisi 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017.

Dengan usianya yang baru 35 tahun dan karier sepak bolanya masih belum berakhir di klub ataupun di timnas, Messi masih berpeluang memenangi award kesembilannya saat musim depan.

BACA JUGA: Messi Atau Haaland, Ini Jagoan Guardiola Raih Ballon d’Or 2023

Tapi, yang ada di benak Messi malah sebaliknya. ’’Aku sudah berhenti memikirkan soal itu lagi (Ballon d’Or),’’ ungkap Messi dalam wawancaranya dengan surat kabar L’Equipe.

’’Aku pikir ini akan jadi Ballon d’Or terakhir dalam karierku, dan aku gembira akhirnya di saat ini aku bisa mencapai semua yang aku dapatkan dan jadi satu-satunya pemain di dunia ini yang bisa memenanginya delapan kali. Ini sudah cukup,’’ sambung Messi yang sekarang main di Major League Soccer (MLS) atau Liga Amerika bersama Inter Miami CF.

Hanya, meskipun sudah tidak berambisi jadi pemain terbaik dunia dan merebut Ballon d’Or lagi, bukan berarti Messi bakal gantung sepatu dalam waktu dekat ini. ’’Aku masih ingin bermain lebih lama lagi. Kami akan lihat seberapa kuat kekuatan fisik yang aku miliki. Aku tidak bisa menyebutkan itu kapan (pensiun). Aku harap ini mampu berjalan lebih lama lagi karena aku mencintai apa yang sudah aku lakukan,’’ tegas Messi. (YMP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *