Sejarah Tercipta Dini Hari Nanti, Wasit Wanita Pimpin Piala Dunia

waktu baca 2 menit
Tiga wasit wanita di Piala Dunia 2022, Neuza Ines Back (kiri), Stephanie Frappart (tengah), Karen Diaz Medina (kanan). (Foto: Al Jazeera)

AL KHOR-KEMPALAN: Pertandingan pemungkas Grup E antara Jerman yang berhadapan melawan Kosta Rika di Al Bayt Stadium, Al Khor, dini hari nanti WIB, bisa menuliskan catatan sejarah Piala Dunia.

Bukan hanya sejarah muram sepak bola Jerman yang terancam menyaksikan timnas kesayangannya tak bisa melangkah ke fase gugur Piala Dunia dalam dua edisi beruntun.

Sejarah juga bisa tercipta dari tengah lapangan Al Bayt Stadium. Karena, bentrok antara Die Mannschaft (julukan timnas Jerman) menghadapi Jepang akan jadi kali pertama laga Piala Dunia dipimpin oleh wasit wanita.

Salah satu aksi Stephanie Frappart dalam laga Juventus menghadapi Dynamo Kyiv di Liga Champions. (Foto: Reuters)

Wasit wanita yang akan mencatatkan sejarah tersebut adalah Stephanie Frappart. Wasit asal Prancis itu tak sendirian. Dua asisten yang mendampinginya juga asisten wasit wanita. Kedua asisten wasit wanita itu adalah Neuza Ines Back (Brasil) dan Karen Diaz Medina (Meksiko).

Wasit Video Assistant Referee (VAR) dalam laga itu juga wasit wanita. Yaitu Katy Nesbitt yang berasal dari Amerika Serikat (AS). ’’Sejarah akan tercipta,’’ begitulah bunyi kicauan dari akun Twitter resmi milik FIFA tentang Frappart dkk.

Dari susunan pengadil yang bertugas dalam laga krusial Manuel Neuer dkk itu, hanya Said Martinez yang wasit pria. Dia berasal dari Honduras. Martinez hanya akan bertugas sebagai ofisial keempat dalam laga itu.

’’Piala Dunia pria merupakan kompetisi sepak bola terpenting di dunia. Saya sebagai wasit (wanita) pertama di Prancis dan di Eropa, jadi saya paham bagaimana cara mengatasinya,’’ ungkap Frappart saat diwawancarai dalam laman resmi FIFA.

Frappart yang berusia 38 tahun itu sudah mencatatkan sejarah serba pertama dalam sepak bola pria di dua tahun terakhir. Mei lalu, Frappart jadi wasit pertama yang bertugas di final Coupe de France antara OGC Nice melawan FC Nantes.

Sebelumnya, Frappart jadi wasit wanita pertama yang bertugas dalam ajang Liga Champions. Ketika itu, dia memimpin laga Juventus melawan Dynamo Kyiv dalam fase grup Liga Champions 2020—2021. Pada musim itu juga dia memimpin laga Kualifikasi Piala Dunia Dunia zona UEFA antara Belanda lawan Latvia.

Frappart juga bertugas dalam Piala Super Eropa 2019 yang mempertemukan antara dua klub raksasa di Liga Primer Inggris, Liverpool FC menghadapi Chelsea.

Di Liga Prancis, Frappart kali pertama bertugas saat musim 2018—2019 dalam pertandingan antara SC Amiens yang menghadapi RC Strasbourg. (Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *