Menu

Mode Gelap

Kempalanbis · 19 Nov 2022 18:16 WIB ·

UK Petra Ulas Peran Akuntan dalam Wujudkan Sustainable Development Goals 2030


					Prof. Dr. P. M. John L. Hutagaol., SE., Ak., M. Acc., M.Ec (Hons), CA., Direktur Perpajakan Internasional di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) saat menyampaikan uraiannya. Perbesar

Prof. Dr. P. M. John L. Hutagaol., SE., Ak., M. Acc., M.Ec (Hons), CA., Direktur Perpajakan Internasional di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) saat menyampaikan uraiannya.

Surabaya-KEMPALAN: Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia menjadi salah satu negara yang juga ikut berkomitmen mencapai pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Untuk mencapai tujuan ini, ada 17 aspek yang biasanya juga melibatkan seorang akuntan. Lalu bagaimana peran akuntan mencapai SDGs?

Seminar “Accountants as Society Transformers” hadir untuk menjawab ini. Kegiatan yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Tax Accounting (HIMAJAKTRA) dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 November 2022 mulai pukul 08.30-15.00 WIB di Auditorium gedung W kampus UK Petra, Surabaya.

Para pembicara bersama para peserta SemNas Akuntansi 2022 di UK Petra.

“Seminar yang terdiri dari tiga sesi dengan empat pembicara ini harapannya bisa memberikan pengetahuan bagi mahasiswa dan masyarakat umum mengenai peran akuntan dalam mencapai SDGs yang telah di tetapkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).”, kata Lyvinia Yovita Houtama sebagai ketua acara.

Sesi pertama akan dibawakan oleh Prof. Dr. P. M. John L. Hutagaol., SE., Ak., M. Acc., M.Ec (Hons), CA., yang membahas tema “Why Accountants Need to Save Planet and People?”. Pembahasan mengenai alasan akuntan dibutuhkan dalam pencapaian SDGs akan dikupas tuntas.

Sementara itu pada sesi kedua dengan sistem talkshow menghadirkan Elvia R. Shauki, Ph.D., MBA., CA., BAcc. Mengangkat tema “How Accountants Save Planet and People”. Sesi talkshow membahas mengenai bagaimana cara akuntan menyelamatkan planet dan orang-orang dalam tujuan mencapai SDGs.

Para pembicara sesi kedua yaitu Elvia R. Shauki, Ph.D., MBA., CA., BAcc., (Duduk, baju putih) bersama Maria R. Nindita. R., Ph.D (zoom).

Pada sesi terakhir, dibawakan Olivier Chauveau dan Josua Tarigan, Ph.D, CMA, CSRA, CBV, CFP, dengan tema “Sustaining the Business in More Ethical Ways”. Sesi ini juga akan dilakukan menggunakan sistem talkshow dengan pembahasan mengenai penerapan secara nyata dari sesi pertama dan kedua.

Direktur Perpajakan Internasional di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Prof. Dr. P. M. John L. Hutagaol., SE., Ak., M. Acc., M.Ec (Hons), CA. mengemukakan pemerintah menargetkan sustainability goals (SDGs) tercapai pada tahun 2030. Fungsi pajak dalam mendukung ketercapaian SDGs adalah:

  1. Fungsi budgetair: membiayai pengeluaran negara. Dirjen pajak menjaga stabilitas penerimaan negara melalui perpajakan untuk membiayai aktivitas pencapaian SDGs
  2. Fungsi regulerend: Instrumen pajak melalui pemberian insentif dan fasilitas industri tertentu, wilayah tertentu, umkm dan fasilitas utk menggerakkan industri dan ekonomi Indonesia
  3. Fungsi stabilizer: membangun dan menjaga level playing field dalam usaha di Indonesia, pemulihan ekonomi nasional, mengatasi transaksi ekonomi underground, dan mencegah timbulnya distorsi ekonomi.
  4. Redistribusi pendapatan: dari pusat ke daerah, dari daerah ke desa, dan memperbolehkan CSR kualifikasi tertentu sebagai biaya pengurang pajak.
  5. Fungsi katalis: instrumen pajak mendorong terwujudnya pemulihan ekonomi nasional, desentralisasi dan ketahanan fiskal, dan terwujudnya SDGs di Indonesia

Peserta dalam seminar nasional ini mencapai 158 orang. Kontribusi para akuntan dalam usaha Indonesia mencapai SDGs yang ditargetkan tahun 2030 ini sangat penting agar kemiskinan sedikit demi sedikit berakhir, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. (Ajeng Dyah Puspitasari)

Editor: Freddy Mutiara

 

 

Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Qatar 2022, Ojo Dibanding-bandingke

28 November 2022 - 07:10 WIB

Luar Biasa, Kunjungan Gubernur Khofifah ke Mesir Bawa Pulang Kontrak Ekspor Kopi dan Kertas Jatim Bernilai 11 Juta USD

24 November 2022 - 11:22 WIB

Wujudkan Dunia Kerja Jatim yang Inklusif dengan Memberi Ruang Bagi Penyandang Disabilitas, Gubernur Khofifah Terima Penghargaan dari Kemenaker RI

21 November 2022 - 18:34 WIB

Terima Sertifikat Penetapan KEK Singhasari, Plt Gubernur Emil Optimis Tumbuhnya Ekosistem Digital di Jatim

21 November 2022 - 18:29 WIB

Hari Ini Menpora Bertemu PT LIB, Bahas Kelanjutan Liga?

18 November 2022 - 13:05 WIB

Jamoetics UBAYA Gelar Workshop Pemasaran dan Iklan Digital Herbal

18 November 2022 - 12:25 WIB

Trending di Kempalanbis