Sudah Fix! Xi Jinping dan Putin Datang pada KTT G20 di Bali

waktu baca 2 menit
Putin dan Xi Jinping-Reuters

JAKARTA-KEMPALAN: Presiden Rusia yaitu Putin dan Presiden Tiongkok yaitu Xi Jinping telah mengonfirmasi bahwa mereka akan datang pada KTT G20 yang diadakan di Bali pada bulan November mendatang.

Hal tersebut juga sudah divalidasi oleh Presiden Indonesia yaitu Joko Widodo.

“Xi Jinping akan datang. Putin juga sudah bilang ke saya kalau dia juga datang” ucap Jokowi kepada media internasional yaitu Bloomberg.

Pertemuan yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang menandai pertama kalinya Putin, Xi Jinping dan juga Joe Biden bertemu setelah Rusia melakukan operasi militernya di Ukraina.

Tindakan Rusia memunculkan banyak sanksi dari AS dan juga negara G20 lainnya.

Namun, Tiongkok—yang juga tergabung dalam G20 tidak menyesali dan mendesak Rusia untuk segera menghentikan tindakannya di Ukraina.

Menanggapi adanya hal tersebut, pihak Kremlin mengatakan bahwa Putin memang sedang bersiap dalam KTT G20, namun pihaknya tidak memberikan konfirmasi kehadirannya.

Kemudian dari pihak Beijing—jika Xi Jinping datang, maka untuk pertama kalinya Xi Jinping berada di luar Tiongkok sejak awal pandemi COVID-19 tahun 2019 akhir silam.

Pihak Beijing juga menambahkan bahwa mereka telah memiliki rencana untuk mempertemukan Xi Jinping dan Joe Biden di Bali, melansir dari Wall Street Journal.

Padahal, AS-Tiongkok pada saat ini sedang memiliki tensi yang sangat tinggi semenjak Petinggi AS mengunjungi Taiwan—dan dibalas dengan adanya latihan militer besar-besaran oleh Tiongkok.

Indonesia, dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo sedang mengepalai G20 yang merupakan forum 20 negara ekonomi terbesar di dunia.

Indonesia juga pada saat ini memiliki banyak tekanan dari pihak Barat karena tindakan Putin di Ukraina.

Indonesia bahkan sudah bersedia menjadi pihak mediator pada bulan Juni silam—dengan mengunjungi Moskow dan Kyiv—sembari menyerukan hentikan konflik.

Presiden Ukraina yaitu Zelenskyy juga sudah diundang oleh Presiden Joko Widodo pada KTT G20.

 

(Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *