Mane Membuka Trofi Pertama di Jerman

waktu baca 2 menit
Sadio Mane dengan nomor punggung 17 di Bayern Munchen. (Foto: FC Bayern)

LEIPZIG-KEMPALAN: Seakan tak mau kalah dengan Mohamed Salah yang merengkuh trofi pertamanya dalam ajang Community Shield, Sadio Mane juga membuka petualangannya dengan Bayern Munchen dengan trofi juara.

Mane turut membawa Bayern memenangi DFL-Supercup alias Piala Super Jerman dengan sebiji golnya. Gol Supermane (julukan Mane) tersebut terjadi pada menit ke-31. Bayern mengalahkan RB Leipzig di kandangnya sendiri Red Bull Arena, Leipzig, dengan skor besar 5-3.

BACA JUGA: Sadio Mane dan Peruntungan Nomor 17

Selain satu gol Mane, keempat gol-gol Bayern lainnya tercipta dari kreasi Jamaal Musiala (menit ke-14), Benjamin Pavard (45’), Serge Gnabry (66’), dan ditutup dengan Leroy Sane pada menit kedelapan injury time babak kedua.

Sementara, ketiga gol tuan rumah RBL diciptakan Marcel Halstenberg (menit ke-59), yang dapat digandakan Christopher Nkunku lewat gol dari titik penalti pada menit ke-77 dan ditutup dengan Dani Olmo pada menit ke-89.

Der trainer Bayern Julian Nagelsmann pun tak henti-hentinya melontarkan pujian kepada Mane setelah debut briliannya itu. ’’Dia (Mane) sangat membantu tim dengan kerendahan hatinya dan sikapnya yang membumi itu,’’ puji Nagelsmann.

BACA JUGA: Jadi Pemain Terbaik Kalahkan Salah, Mane Ogah Bicara Rivalitas

Kontribusi Mane itu seakan menjawab pertanyaan apakah Bayern mampu mempertahankan kans trofi-trofi juaranya setelah ditinggalkan mesin golnya Robert Lewandowski yang sudah pindah ke FC Barcelona musim panas ini.

Tanpa Lewy (sapaan akrab Lewandowski), Nagelsmann memposisikan Mane sebagai false nine di depan trio second line Bayern, Musiala, Thomas Muller, dan Gnabry. Aksi-aksi Mane itu yang membuka celah bagi rekan-rekannya yang lain membobol gawang Peter Gulacsi.

Taktik seperti itulah yang disebut Nagelsmann sebagai solusi terbaik bermain tanpa bergantung kepada Lewy. ’’Dia (Mane) mempunyai karakter yang luar biasa. Dia memainkan permainan yang sangat bagus hari ini,’’ sambung mantan nahkoda RBL (akronim RB Leipzig) itu.

Bukan hanya dalam ajang seperti Piala Super Jerman, Nagelsmann pun berharap ledakan Mane itu bisa berlanjut dalam ajang kompetitif yang diikuti Die Roten (julukan Bayern) musim 2022—2023.

’’Pasti akan ada banyak hal yang dia alami belum pernah saya alami. Saya mengharapkannya,’’ sebut Nagelsmann. Bayern akan menjalani laga pertamanya musim 2022—2023 dalam ajang Liga Jerman menghadapi Eintracht Frankfurt pada 6 Agustus mendatang. (Tageszeitung, Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *