Menu

Mode Gelap

kempalanggun · 4 Mei 2022 20:39 WIB ·

Sejuknya Melihat Toleransi di Jakarta saat Lebaran


					Umat Islam shalat Id mengelilingi Gereja Koinonia yang berada di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur. (Foto: @wibisono.ari) Perbesar

Umat Islam shalat Id mengelilingi Gereja Koinonia yang berada di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur. (Foto: @wibisono.ari)

JAKARTA–KEMPALAN: Jakarta jadi kota toleransi bukan hanya mimpi belaka. Kini cita-cita itu kian terwujudkan. Hal itu berkat kolaborasi dan konsistensi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di bawah komando langsung Gubernur Anies Baswedan.

Salah satu contoh potret toleransi di Ibu Kota terlihat pada saat perayaan hari-hari besar keagamaan. Ruang-ruang publik banyak dimanfaatkan dan dimeriahkan oleh kegiatan keagamaan dari berbagai agama yang ada di Jakarta.

Baru-baru ini, misalnya, yakni Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 yang baru selesai. Gambaran toleransi sangat jelas terlihat tumbuh subur di Ibu Kota, seperti yang diabadikan oleh fotografer @wibisono.ari.

Ribuan umat Islam yang sedang shalat Id terlihat mengelilingi Gereja Koinonia yang berada di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur. Terlihat sejuk dan damai.

“Suasana Shalat Idulfitri di Jalan Matraman Raya Jakarta Timur depan Gereja Koinonia, Indahnya Perbedaan Toleransi,” tulis Instagram @wibisono.ari, Rabu, 4 Mei 2022.

Potret toleransi di Jakarta itu pun membuat banyak tokoh masyarakat terperangah, kagum. Di antaranya Budayawan Sujiwo Tedjo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Dan mungkin lebih bagus lagi bila kelak mindset toleransi bukanlah toleransi permukaan (sila kita jalankan keyakinan kita masing2 tapi keyakinankulah yang paling benar), tapi toleransi yang mendasar (sila kita jalankan keyakinan kita masing2, semoga kelak kita bertemu pada kebenaran yang sama),” tulis komentar Sujiwo Tedjo dalam Instagram-nya @presiden_jancukers.

“Itulah foto yang mungkin akan menjadi ibarat peta hasil drone yang menerawang puncak gunung, yang dari masing-masing pendaki tampak hanya jalan setapaknyalah yang paling benar, tapi dari puncak gunung seluruh jalan setapak itu ternyata menuju puncak yang TUNGGAL,” ujarnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga memberikan komentar di foto toleransi di Jakarta itu. Ia menilai hal itu begitu indah. “Lihat foto ini bikin adem. Sungguh begitu indah toleransi,” ujarnya dalam Instagram-nya @khofifa.ip. (kba)

Editor: Freddy Mutiara

 

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Pesan Waisak: Dalam Cinta Kasih Semua Bersaudara

17 Mei 2022 - 08:05 WIB

Temu Kader Banteng, Ketua PDIP Surabaya: Kuatkan Soliditas, Terus Bergerak Melayani Rakyat!

17 Mei 2022 - 06:31 WIB

Ketua DPD Walubi: Tingginya Toleransi di Jakarta, Ikhtiar Nyata Gubernur Anies

16 Mei 2022 - 19:53 WIB

Gubernur Jateng Melepas Parade Waisak yang Tahun Ini Bisa Digelar Meriah

16 Mei 2022 - 14:35 WIB

Hari Raya Waisak, PDIP Surabaya: Perkuat Tekad Tebar Kebaikan di Kota Pahlawan

16 Mei 2022 - 12:21 WIB

Wali Kota Eri Cahyadi Diangkat sebagai Warga Kehormatan Maluku

16 Mei 2022 - 07:18 WIB

Trending di kempalanggun