Menu

Mode Gelap

kempalanalisis · 20 Apr 2022 08:58 WIB ·

Hilangnya Jejak Malaikat Kecil di Masjid


					Seorang imam masjid di Turki mengajak anak-anak bermain usai shalat tarawih Perbesar

Seorang imam masjid di Turki mengajak anak-anak bermain usai shalat tarawih

KEMPALAN: Sebuah momen manis di mana seorang imam sebuah masjid di Turki mengajak bermain anak-anak usai shalat Tarawih viral di twitter. Anak-anak adalah jamaah masjid yang istimewa. Meski masih ada saja pengusiran terhadap anak-anak dari masjid terjadi. Anak-anak dianggap mengganggu kekhusyuan ibadah.

Sebuah masjid bahkan menempel selebaran yang melarang jamaah membawa anak-anaknya karena dirasa mengganggu. Padahal, enam abad lalu, Sultan Muhammad Al Fatih, pahlawan Islam yang terkenal dengan julukan Mehmed The Conqueror pernah berpesan, ”Jika kalian tidak lagi mendengar gelak tawa anak-anak di masjid kalian. Maka takutlah, karena saat itu kalian dalam bahaya..”

Dan kini, saat era permainan elektronik melanda, para imam masjid di berbagai belahan dunia harus berpikir kreatif untuk membujuk anak-anak agar mau meletakkan gadget mereka sejenak, dan datang ke masjid. Baik untuk beribadah maupun belajar agama.

Seperti pada video yang viral, seorang imam sengaja mengajak anak-anak bermain hide and seek alias petak umpet usai mereka melaksanakan salat tarawih. Imam itu juga mengajak anak-anak berbaris dan mengajak mereka main ular-ularan, jalan-jalan mengelilingi masjid. Itu dilakukannya supaya anak-anak senang datang ke masjid.

Beberapa masjid baru di Turki seperti masjid Hamdi Cami di Ankara bahkan menyiapkan tempat bermain dalam masjid di sudut kanan di bawah tangga. Sedangkan masjid lainnya menyediakan tempat bermain anak-anak di taman masjid.

Seorang imam di distrik Başiskele, Turki, sukses menarik anak-anak untuk bergabung dalam kelas Alquran musim panas di masjid itu. Awalnya hanya ada 30 anak yang mendaftar ke masjidnya untuk belajar Alquran.

Artikel ini telah dibaca 221 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Anies Semakin Melejit

17 Mei 2022 - 08:41 WIB

Anies dan Titik Nol Indonesia

16 Mei 2022 - 14:11 WIB

Anies Hanya Kalah Kalau Gak Nyapres?

16 Mei 2022 - 12:35 WIB

Seperti Bung Karno, Anies Menjadikan Indonesia Disegani Bangsa Lain

15 Mei 2022 - 13:09 WIB

HUT ke 792, Menjadikan Surabaya Semakin Melayani

15 Mei 2022 - 06:45 WIB

Penculik Bogor Kok Disorot Puan Maharani?

14 Mei 2022 - 19:08 WIB

Trending di kempalanalisis