Ukraina Berhasil Ambil Alih Semua Kawasan Kyiv

waktu baca 2 menit
Bucha-TimesofIsrael

KYIV-KEMPALAN: Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan bahwa pasukan militer Ukraina telah mengambil alih semua kawasan di Kyiv yang sebelumnya diduduki oleh Rusia.

Pengumuman tersebut terjadi pada Sabtu (2/4) yang menandai untuk pertama kalinya, Ukraina berhasil mengambik alih kembali ibukotanya setelah diduduki Rusia sejak tanggal 24 Februari.

“Semua kawasan Kyiv telah dibebaskan dari ‘Penyerbu’” ucap Deputi Kementerian Pertahanan Ukraina yaitu Hanna Malyar.

Secara total, pada saat ini, Ukraina telah berhasil mengambil alih 30 kawasan di Kyiv.

Di kawasan yang diambil alih tersebut, dapat dilihat banyaknya kendaraan yang hancur, peralatan militer yang hancur dan tubuh-tubuh yang tergeletak

Di kawasan Bucha yang terletak di Barat Laut Ukraina, Pasukan Militer Ukraina menggunakan kabel untuk menarik tubuh-tubuh warga sipil yang tergeletak dengan alasan bahwa mungkin saja hal tersebut merupakan sebuah jebakan yang ditinggalkan Rusia.

Walikota Bucha yaitu Anatoliy Fedoruk mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan penguburan massal terhadap 280 warga sipil.

“Mereka semua dibunuh, ditembak—tepat di belakang kepalanya” ucap Fedoruk.

Menteri Luar Negeri Britania Raya yaitu Liz Truss mengatakan bahwa terjadi kekerasan terhadap umat manusia di Bucha—dan kemudian menyerukan kepada komunitas internasional untuk mengusut hal tersebut.

Menanggapi hal tersebut, pihak Rusia mengatakan bahwa ia tidak menargetkan warga sipil dan menolak adanya tuduhan melakukan kejahatan terhadap umat manusia.

(Muhamad Nurilham, Aljazeera)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *