Menu

Mode Gelap

kempalanmanca · 11 Jan 2022 21:35 WIB ·

Pria AS Berhasil Sembuh dari Transplantasi dengan Hati Babi


					David Bennet-BBC Perbesar

David Bennet-BBC

WASHINGTON D.C-KEMPALAN: Seorang pria AS yang memiliki penyakit hati ganas berhasil sembuh setelah tiga hari sebelumnya melakukan transplanstasi dengan Hati Babi. Tindakan tranplantasi tersebut menjadi tindakan operasi pertama yang ada di dunia yang menggunakan organ dari non-manusia.

Operasi tersebut dilakukan oleh tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Maryland AS.

Operasi tersebut kemudian menjadi tindakan pertama yang menunjukkan kegunaan Hati Babi yang digunakan untuk transplantasi ke tubuh manusia yang kemudian menjadi jawaban bahwa mungkin dan bisa untuk melakukan tindakan tersebut.

Dengan adanya keberhasilan tersebut, ilmuwan berharap bahwa organ Babi yang ada mampu untuk mengatasi adanya kekurangan organ donor yang ada.

“Tindakan ini menjadi terobosan besar dalam operasi yang ada di dunia serta membawa kami menjadi semakin dekat untuk mengatasi permasalahan krisis donor organ. Pada saat ini, tidak cukup adanya donor hati manusia yang bisa digunakan” ucap Dr Bartley Griffith yang melakukan operasi transplantasi Hati Babi ke pasien tersebut.

Pasien tersebut bernama David Bennet yang berusia 57 tahun dari Maryland dan melakukan tindakan operasi tersebut karena hal itu menjadi pilihan terakhirnya.

“Diantara meninggal atau melakukan transplantasi tersebut. Saya memilih untuk tetap hidup. Saya tahun bahwa tindakan tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya, namun ini menjadi pilihan terakhir saya” ucap Bennet terakhir kali sebelum melakukan tindakan operasinya.

Berdasarkan data yang ada, pada saat ini, sekitar 100,000 warga AS sedang menunggu adanya transplantasi organ dan lebih dari 6,000 pasien meninggal terlebih dahulu sebelum mendapatkan donor.

(Aljazeera, Muhamad Nurilham)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Kamala Harris Hadiri Pelantikan Presiden Honduras

28 Januari 2022 - 09:50 WIB

Thailand Tak Akan Paksa Pengungsi Myanmar Kembali

17 Januari 2022 - 20:50 WIB

Pemerintah Thailand Akan Keluarkan UU LSM, Berikut Pandangan Masyarakat

16 Januari 2022 - 16:00 WIB

Pesan Xi untuk Tiongkok: Jaga Keamanan Nasional, Kestabilan Sosial, dan Kehidupan Damai

16 Januari 2022 - 11:13 WIB

Singapura Justru Dukung Langkah Kamboja dalam Permasalahan Myanmar

14 Januari 2022 - 17:50 WIB

Waspada! Infeksi Virus Corona Meningkat di Perkotaan Thailand

14 Januari 2022 - 17:23 WIB

Trending di kempalanmanca