Menu

Mode Gelap

kempalanews · 24 Nov 2021 02:39 WIB ·

Vakum 2 Tahun, Penghuni Baru DC Unair Wajib PCR


					Direktur Pusat Asrama Universitas Airlangga Ari Prasetyo (Tengah) berfoto bersama peserta dalam acara pembukaan perdana Asrama Unair, Sabtu (20/11), setelah hampir 2 tahun tanpa kegiatan, Perbesar

Direktur Pusat Asrama Universitas Airlangga Ari Prasetyo (Tengah) berfoto bersama peserta dalam acara pembukaan perdana Asrama Unair, Sabtu (20/11), setelah hampir 2 tahun tanpa kegiatan,

SURABAYA-KEMPALAN: Kondisi pandemi Covid 19 menjadikan Pusat Asrama Universitas Airlangga (Unair) tanpa kegitan selama dua tahun. Pusat Asrama Unair yang juga akrab dikenal dengan Dormitory Centre (DC) Unair telah membuka kembali penerimaan baru mahasiswa putra-putri sejak bulan Oktober 2021 dengan syarat menunjukkan hasil tes rapid, swab, atau PCR.

Pembukaan secara resmi ini dilakukan dengan perhelatan penyambutan dan sudah menjadi tradisi di DC Unair. Kegiatan pembuka merupakan penyambutan bagi mahasiswa penghuni dan dikenal dengan Welcome Party. Kegiatan Welcome Party dilaksanakan pada pada hari Sabtu(20/11).

Kondisi pandemi yang masih belum usai 100% menjadikan hal penting untuk tetap disosialisasikan kepada mahasiswa penghuni. Tema Welcome Party yang diangkat adalah “Meningkatkan Kualitas Hidup Ber-Asrama dengan New Normal Habit”.

Menurut Direktur Pusat Asrama Unair Ari Prasetyo, DC ini merupakan tempat yang bisa jadi 24 jam mahasiswa beraktifitas sehingga harus saling menjaga diri dan lingkungan untuk tetap menjaga protokol kesehatan. “Salah satu syarat yang harus dipenuhi mahasiswa calon penghuni sebelum masuk adalah menunjukkan lolos hasil tes rapid, swab, atau PCR,” ungkap Arai Prasetyo.

DC Unair (Dormitory Centre) memiliki 2 gedung terpisah dengan masing-masing 96 kamar untuk putra dan 230 kamar untuk putri. Hingga akhir Nopember 2021 para penghuni yang telah mendaftar dan memenuhi syarat administrasi sudah banyak berdatangan untuk mulai menempati. Kapasitas masing-masing kamar adalah 4 orang untuk putra dan 3 orang untuk yang putri.

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2022 termasuk kerja bakti, baksos, juga aktifitas untuk softskills dan lifeskills untuk mahasiswa penghuni. Mahasiswa asing yang berkesempatan untuk studi di Universitas Airlangga juga turut hadir. Beberapa mahasiswa asing yang hadir berasal dari beberapa negara termasuk China dan Pakistan.

Para penghuni DC akan dibekali dengan berbagai kegiatan softskills dan lifeskills mahasiswa dijadikan bagian dalam membangun kehidupan berasrama sekaligus membantu persiapan saat mahasiswa usai studi di Universitas Airlangga, atau terutama saat mahasiswa mulai meninggalkan DC. Softskills yang disampaiakn kepada mahasiswa terutama pada ranah kognisi dan kehidupan sosial, misalnya ketrampilan menulis populer.

Beberapa lembaga juga turut hadir sebagai undangan yakni PUSPAS dan Koperasi ABADA. Kehadiran kedua lembaga ini juga dalam rangka sosialisasi aktifitasnya. Beberapa kegiatan yang bisa melibatkan mahasiswa disampaikan kepada para peserta Welcome Party.

Dalam pembukaan perdana DC Unair, Tarian Remo yang menjadi tarian khas Jawa Timur dijadikan sebagai pembuka dalam acara Welcome Party. Direktur Pusat Asrama, disampaikan tekait maksud dari kegiatan Welcome Party ini. Tata tertib selama kehidupan ber-asrama disampaikan oleh Nanang Supriyadi selaku penanggung jawab kepenghunian. Sosialisasi kegiatan-kegiatan juga disampaikan terutama untuk tahun 2022 mendatang. (ari)

Editor: Kumara Adji

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wagub Emil Pastikan Ketersediaan Logistik dan Posko Pengungsi Terpenuhi

9 Desember 2021 - 12:46 WIB

KEI-ANTARA Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Sumenep

9 Desember 2021 - 10:14 WIB

Gelar Uji Kompetisi Wartawan

Cara Bupati Achmad Fauzi Mengurangi Angka Kemiskinan di Sumenep

9 Desember 2021 - 08:12 WIB

Bupati Achmad Fauzi

Tinjau Penyaluran Pakan Ternak, Wagub Emil: Sudah Termanfaatkan Baik

9 Desember 2021 - 06:08 WIB

Ketua DPD RI Dorong Pemerintah Riset Mitigasi Kebencanaan

9 Desember 2021 - 05:53 WIB

Bupati Gresik Ajak Generasi Milenial Kembangkan Kemampuan Berwirausaha dan Skill pada Era Digitalisi

9 Desember 2021 - 00:01 WIB

Trending di kempalanews