Menu

Mode Gelap

kempalanews · 14 Nov 2021 20:07 WIB ·

Pemkab Sidoarjo Beri Penghargaan Kinerja Kepada OPD


					Penyerahan penghargaan kepada dinas pelayanan pajak daerah. Perbesar

Penyerahan penghargaan kepada dinas pelayanan pajak daerah.

SIDOARJO-KEMPALAN: Pemkab Sidoarjo melakukan penilaian terhadap seluruh kinerja Organisasi Perangkat Daerah(OPD) Kabupaten Sidoarjo. Penilaian tersebut diwujudkan dalam bentuk penghargaan kinerja unit penyelenggara pelayanan publik yang diserahkan Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH di pendopo Delta Wibawa kemarin.

Penyerahan penghargaan juga dibarengi dengan penyerahan penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi pemerintah (SAKIP), penghargaan Reformasi Birokrasi serta penandatanganan perjanjian kinerja (perubahan).

Selain itu kegiatan yang dihadiri oleh koordinator perencanaan kinerja dan anggaran Sekretariat Deputi bidang Reformasi Birokrasi, akuntabilitas aparatur dan pengawas Kemenpan RB Agusdin Muttakin Ak.MM itu juga dibarengi dengan pencangan penguatan pembangunan zona integritas perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sidoarjo serta peneguhan komitmen core value ASN berakhlak dan bangga melayani bangsa.

Dalam kesempatan tersebut terdapat 15 OPD yang meraih top 1, 2 dan 3 penghargaan kinerja unit penyelenggara pelayanan publik dan 5 OPD nilai A hasil evalusi SAKIP yang kali ini menerima penghargaan SAKIP. Selain itu juga terdapat 5 OPD yang berhasil meraih penghargaan Evaluasi RB tahun ini dari Pemkab Sidoarjo.

Terdapat 5 kategori dalam penghargaan kinerja unit penyelenggara pelayanan publik. Antara lain kategori khusus/role model, kategori dinas/badan, kategori kecamatan serta kategori kelurahan dan kategori Puskesmas. Peraih peringkat pertama kategori khusus/role model disematkan kepada RSUD Sidoarjo.

Kategori dinas/badan diraih Badan Pelayanan Pajak Daerah Sidoarjo sebagai peraih peringkat pertama. Sedangkan peraih peringkat pertama di kategori kecamatan diraih oleh Kecamatan Taman. Untuk kategori kelurahan peringkat pertama di raih oleh Kelurahan Sepanjang. Dan kategori Puskesmas disandang Puskesmas Jabon sebagai peringkat pertamanya.

Dalam sambutannya Wabup H. Subandi mengatakan kegiatan seperti ini merupakan upaya mewujudkan birokrasi bersih dan akuntabel, kapabel serta pelayanan publik secara prima. Menurutnya semua itu merupakan kunci terwujudnya sasaran Reformasi Birokrasi itu sendiri. Dikatakannya kesuksesan Reformasi Birokrasi merupakan tanggung jawab segenap elemen pemerintahan dan harus disadari serta dibangun bersama oleh seluruh perangkat daerah tanpa terkecuali.

“Telah banyak program-program perbaikan birokrasi yang telah digulirkan yang secara nyata telah menghasilkan perubahan dan perbaikan bagi birokrasi,”ucapnya.

Wabup H. Subandi mengatakan penilaian perangkat daerah bukan hanya sekedar nilai. Namun sebagai bentuk nyata dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Sidoarjo. Dirinya mendesak perangkat daerah untuk mempertanggungjawabkan manfaat atau hasil atas setiap rupiah anggaran yang digunakan. Perangkat daerah tidak boleh lagi hanya memikirkan realisasi kegiatan rutin dan serapan anggaran. Tetapi juga harus memikirkan apakah keberadaannya sudah memberikan hasil kinerja nyata yang dirasakan oleh masyarakat.

Pelayanan publik yang…

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Kronologi Perwira Polisi yang Dikeroyok saat Demonstrasi Pemuda Pancasila

28 November 2021 - 15:06 WIB

Kecelakaan Maut Truk Tronton vs Mobil Elf di Kediri, 4 Santri Meninggal Dunia

28 November 2021 - 15:02 WIB

9 Kiai Sepuh NU Minta Muktamar NU ke 34 Ditunda hingga 2022

28 November 2021 - 14:59 WIB

Jatim Terima Dua Penghargaan BKN Award 2021 Peringkat Pertama, Ini Formula Rahasianya

28 November 2021 - 07:02 WIB

Perdana, UHW Perbanas Wisuda 339 Mahasiswa

27 November 2021 - 17:23 WIB

Frontage Road Terus Dikebut, Bupati Sidoarjo Kawal Langsung Pembebasan Lahan

27 November 2021 - 15:53 WIB

Trending di kempalanews