Gojek dan Tokopedia Digugat Rp 2,08 triliun Karena Nama “GoTo”

waktu baca 2 menit
Logo Go To.

KEMPALAN: Gojek dan Tokopedia digugat PT Terbit Financial Technology karena penggunaan merek “GoTo”. Gojek dan Tokopedia digugat sebesar Rp 2,08 triliun.

Astrid mengatakan kalau pihak Gojek dan Tokopedia telah mengetahui soal gugatan tersebut, dan menghormati proses yang sedang berjalan. Gojek dan Tokopedia mengatakan kalau mereka akan memenuhi peraturan yang berlaku di Indonesia.

“Kami senantiasa memenuhi peraturan yang berlaku di Indonesia dan akan menghormati proses yang tengah berjalan,” kata Astrid Kusumawardhani selaku Corporate Affairs GoTo, pada Senin (8/11/2021).

PT Terbit Financial Technology telah mendaftarkan gugatan mereka dengan nomor 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pekan lalu (2/11). Mereka menggugat PT Terbit Financial Technology adalah PT Aplikasi Karya Anak Bangsa dan PT Tokopedia.

Penggugat mengklaim kalau mereka merupakan pemilik sah dari nama “GOTO”, mereka juga mengklaim kalau “GOTO” telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan HAM RI dengan nomor IDM000858218.

Selain meminta Gojek dan Tokopedia untuk menghentikan penggunaan merek GoTo, penggugat juga meminta membayar ganti rugi materil sebanyak Rp 1,8 triliun dan imateril sebanyak Rp 250 juta. Selain itu, penggugat juga meminta pengadilan menghukum tergugat dengan membayar uang paksa sebesar Rp 1 miliar setiap hari atas keterlambatan melaksanakan putusan.

GoTo sendiri merupakan hasil merger dari dua perusahaan besar Gojek dan Tokopedia di Indonesia. Menurut CEO Tokopedia, William Tanujaya, “Selain berasal dari Gojek dan Tokopedia, GoTo merupakan singkatan dari gotong royong,” kata William di akun Facebook pribadinya pada senin (17/5/2021). (Liputan6/Katadata, Ihsan Arief)

Editor: Reza Maulana Hikam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *