Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade Tokyo 2020: Brazil Hajar Jerman 4-2

  • Whatsapp
Para pemain Jerman merayakan gol ke gawang Brazil

YOKOHAMA-KEMPALAN: Sang juara bertahan peraih medali emas, Brazil sukses mengawali kampanye Olimpiade Tokyo 2020 mereka dengan apik usai menekuk tim kuat Jerman dengan skor 4-2.

Laga yang mempertemukan dua tim favorit juara itu tersaji di Yokohama International stadium pada Kamis (22/7/2021) malam WIB.

Mengandalkan Richarlison di lini serang, Brasil langsung tampil menekan sejak awal laga. Hasilnya Richarlison sudah membuka keunggulan untuk Brasil pada menit kelima.

Gol berawal dari kegagalan kiper Jerman, Florian Mueller yang tak mampu menepis bola secara sempurna, bola muntah kemudian disambar Richarlison dengan tendangan ke arah pojok atas gawang. Gol, Brazil unggul 1-0.

Usai unggul, Brasil makin nyaman dalam menyerang. Selecao makin mudah menembus pertahanan Jerman yang terbuka.

Pada menit ke-22, Brazil berhasil menggandakan keunggulannya. Berawal dari serangan balik, Richarlison kemudian mencatatkan kembali namanya di papan skor usai sukses menanduk bola crossing Guilherme Arana.

Berselang beberapa menit, Richarlison kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol, sayang sepakan jarak dekatnya bisa dibendung Mueller.

Pada menit ke-30, Brazil kembali sukses menambah gol lagi. Kali ini Matheus Cunha, yang menerobos dari sisi kanan pertahanan Jerman, melepaskan umpan bola ke Richarlison. Penyerang Everton itu dengan tenang melepaskan sepakan melengkung ke tiang jauh gawang brazil. Gol, Selecao unggul 3-0.

Jerman nyaris kebobolan lagi di menit ke-45. Beruntung, eksekusi Matheus Cunha mampu digagalkan oleh Mueller.

Tak ada tambahan gol lagi hingga babak pertama usai, skor 3-0 untuk keunggulan Brazil tetap bertahan.

Memasuki paruh kedua, Jerman berhasil bangkit pada menit ke-57. Der Panzer mampu memangkas selisih gol menjadi 1-3 lewat aksi Nadiem Amiri.

Gol tercipta dari sepakan Amiri yang menyambar bola liar di depan pertahanan Brasil. Bola sempat memantul sebelum masuk ke dalam gawang.

Jerman makin bersemangat mencari gol lagi dan membuat Brasil balik tertekan di babak kedua.

Sayang, pada menit ke-63, Jerman malah harus kehilangan kapten Maximilian Arnold yang diusir keluar lapangan usai mendapatkan kartu kuning kedua.

Meski begitu. Jerman tetap semangat menyerang dan berhasil mencetak gol kedua pada menit ke-84. Berawal dari sepak pojok, bola kemudian ditanduk Ragnar Ache ke pojok gawang Brazil. Gol selisih skor berubah menjadi 3-2.

Gol Jerman tersebut membuat lima menit akhir laga jadi makin panas. Sayang Asa Der Panzer untuk menyamakan skor pupus ketika Brasil mencetak gol keempat pada menit ke-95.

Gol tercipta dari aksi Paulinho yang mendapat bola dari skema serangan balik. Paulinho dengan mudah masuk ke kotak penalti sebelum menembak ke pojok kiri atas gawang.

Tak ada tambahan gol lagi hingga peluit panjang berbunyi, skor 4-2 untuk kemenangan Brazil menjadi hasil akhir pertandingan.

Tambahan tiga poin sukses membawa Brasil memuncaki Grup D cabor sepakbola Olimpiade Tokyo 2020, Selecao unggul selisih gol dari Pantai Gading di posisi kedua yang menang 2-1 atas Arab Saudi.

Brasil akan bertemu Pantai Gading di matchday kedua pada 25 Juli. Sementara Jerman akan bertemu Arab Saudi di hari yang sama. (Sky Sports/Detik, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait