Euro 2020

Preview Grup F: Mampukah Polandia Mengulangi Kesuksesan Euro 2016?

  • Whatsapp
Striker Polandia, Robert Lewandowski

KEMPALAN: Polandia tampil luar biasa di Euro 2016 dengan lolos hingga babak perempatfinal final sebelum dikalahkan sang juara Portugal. Mampukah mereka mengulangi atau bahkan melebihi capaian itu?

A PELATIH

Paulo Sousa: Melatih tim nasional Polandia sejak bulan Januari, Paulo merupakan mantan gelandang yang memiliki 52 caps sebagai bagian dari generasi emas Portugal.

Dia memperoleh pengalaman kepelatihan di seluruh dunia, termasuk Hungaria, Israel, Swiss, Cina, Prancis, Italia, dan Inggris bersama QPR, Leicester, dan Swansea. Paulo juga pernah memenangkan gelar liga bersama Basel dan Maccabi Tel Aviv.

Pemecatan Jerzy Brzecek pada bulan Januari dikarenakan asosiasi sepakbola Polandia menginginkan permainan sepak bola yang lebih menyerang dan Sousa memiliki kesempatan untuk menunjukkannya di panggung terbesar.

B PERFORMA TIM

Meski tampil kompetitif di Euro 2016, Polandia sangat mengecewakan di Piala dunia Rusia pada 2018, hanya memenangkan satu dari tiga pertandingan dan finis di posisi terbawah grup.

Tentu publik mengharapkan mereka melebihi penampilan perempat final 5 tahun lalu dan pertandingan pertama mereka melawan Slovakia harus dimenangkan untuk maju secara positif dari fase grup.

C KOMPOSISI TIM

Goalkeepers: Lukasz Fabianski (West Ham), Wojciech Szczesny (Juventus), Lukasz Skorupski (Bologna).

Defenders: Jan Bednarek (Southampton), Bartosz Bereszynski (Sampdoria), Paweł Dawidowicz (Verona), Kamil Glik (Benevento), Michał Helik (Barnsley), Tomasz Kedziora (Dynamo Kiev), Kamil Piątkowski (Rakow Czestochowa), Tymoteusz Puchacz (Lech Poznan), Maciej Rybus (Lokomotiv Moscow).

Midfielders: Przemysław Frankowski (Chicago Fire), Kamil Jozwiak (Derby), Mateusz Klich (Leeds), Kacper Kozlowski (Pogoń Szczecin), Grzegorz Krychowiak (Lokomotiv Moscow), Karol Linetty (Torino), Jakub Moder (Brighton), Przemysław Płacheta (Norwich), Piotr Zielinski (Napoli).

Forwards: Dawid Kownacki (Fortuna Düsseldorf), Robert Lewandowski (Bayern Munich), Arkadiusz Milik (Marseille), Karol Swiderski (PAOK), Jakub Swierczok (Piast Gliwice).

D PEMAIN KUNCI

Robert Lewandowski: Harapan Polandia untuk kejayaan di Euro berada pundak sang striker 32 tahun, Robert Lewandowski yang telah mencetak 53 gol dalam 46 pertandingan untuk klub dan negaranya musim ini. Lewandowski telah memecahkan rekor gol terbanyak di Bundesliga bersama sang juara bertahan Bayern Munich.

E BEST EURO FINISH

Perempatfinal (2016). (Sky Sports, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait