Kecelakaan Transportasi

Kecelakaan Pesawat Militer Myanmar Tewaskan Seorang Biksu Senior

  • Whatsapp
Biksu zay Kone dan Mibg Aung Hlaing. (Myanmar Now)

NAYPYIDAW-KEMPALAN: Seorang biksu senior Buddha yang terkenal menjadi korban di antara 12 orang yang tewas ketika sebuah pesawat milik militer Myanmar jatuh pada Kamis (10/6) di wilayah Mandalay tengah negara itu, media pemerintah melaporkan.

TV Myawaddy yang dikelola tentara mengatakan seorang anak laki-laki adalah salah satu dari dua orang yang selamat dalam penerbangan dari ibu kota, Naypyitaw, ke Pyin Oo Lwin, juga dikenal sebagai Maymyo.

Beberapa yang selamat dibawa ke rumah sakit dilaporkan sebagai anggota militer, tetapi beberapa laporan lain yang belum dikonfirmasi mengatakan dia kemudian meninggal.

Melansir dari Channelnewsasia, pesawat itu membawa enam personel militer di samping dua biksu dan enam jemaat ke Pyin Oo Lwin untuk upacara peletakan fondasi biara baru, kata laporan itu.

Biksu senior yang meninggal adalah kepala biara Biara Zay Kone di Pyinmana, kota satelit Naypyitaw. Dia diyakini berusia sembilan puluhan dan menjamu kepala junta yang berkuasa saat ini, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, untuk kunjungan pada 2 Februari, sehari setelah tentara menggulingkan pemimpin terpilih negara itu, Aung San Suu Kyi, dan menangkap kekuasaan.

Kecelakaan itu terjadi ketika pesawat sedang melakukan pendekatan pendaratan ke bandara Anisakhan Pyin Oo Lwin, lapor Myawaddy TV, yang mengatakan cuaca buruk saat itu.

Pesawat yang jatuh dari foto adalah Beechcraft 1900, model yang digunakan oleh angkatan udara. Lima orang tewas pada Februari 2016 ketika sebuah angkatan udara Beechcraft 1900D jatuh tak lama setelah lepas landas dari Naypyitaw. (Channelnewsasia, Abdul Manaf Farid)

Berita Terkait