Serba-serbi

44 Serangga Baru di Turki

  • Whatsapp
Foto serangga yang ditemukan di Turki. (AA)

MANISA-KEMPALAN: Sekitar 44 spesies serangga baru telah ditemukan di Turki selama beberapa tahun terakhir, kebanyakan dari mereka adalah pemburu yang menguntungkan pertanian, menurut seorang ilmuwan Turki.

Penelitian tentang spesies serangga telah berlangsung selama delapan tahun dengan dukungan Dewan Riset Ilmiah dan Teknologi Turki (TUBITAK), tutur Sinan Anlas, ahli entomologi di Universitas Celal Bayar di wilayah Aegean Turki, kepada Anadolu Agency.

“Kami menemukan 20 spesies baru [di Turki] tiga tahun lalu. Sekarang, dengan 44 lagi yang kami temukan, jumlah jenis serangga baru yang ditemukan di Turki telah mencapai 64,” katanya.

“Sejak tahun lalu, kami telah fokus pada wilayah Mediterania, Marmara, dan Laut Hitam, dan ini akan berlangsung hingga 2022,” tambahnya.

Dia mengatakan sebagian besar spesies yang baru ditemukan adalah pemburu yang bermanfaat bagi pertanian, menambahkan bahwa dampaknya terhadap kesehatan manusia masih diselidiki.

Serangga-serangga tersebut diberi nama sesuai dengan wilayah di mana mereka ditemukan untuk memastikan dunia tahu bahwa mereka ditemukan di Turki, menurut Anlas.

“Misalnya, kami menemukan spesies serangga yang benar-benar buta di pegunungan di Turki. Spesies ini biasanya hidup di dataran rendah dan di gua-gua, tetapi kami menemukannya di Pegunungan Taurus, Pegunungan Geyik, dan Reze Beli Pass di ketinggian sekitar 2.500 meter,” katanya.

“Spesies ini mendapat perhatian khusus dari para ilmuwan Eropa; rekan-rekan kami dari Italia juga meminta sampel spesies,” tutupnya. (Anadolu Agency, reza hikam)

Berita Terkait