Euro 2020

UEFA Tuntut Ukraina Ubah Jersey yang Bersifat Politis terhadap Rusia

  • Whatsapp
Tulisan yang berarti "Kemuliaan bagi para pahlawan" di jersey Ukraina yang dikecam oleh Rusia karena bersifat sangat politis mengingat kondisi kedua negara yang sedang berkonflik (Good Word News)

NYON-KEMPALAN: Persatuan Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) pada Kamis (10/6) menuntut agar Ukraina membuat perubahan pada jersey mereka untuk Euro 2020 untuk menghapus slogan “politik” yang memicu protes dari Rusia.

Melansir dari Barrons, badan sepak bola Eropa itu mengatakan pesan “Kemuliaan bagi para pahlawan!”, seruan selama protes anti-Rusia 2014 di Ukraina yang ditampilkan di dalam jersey, “jelas bersifat politis”.

Pada Selasa (8/6) Rusia telah mengirim surat keluhan ke UEFA atas jersey kuning yang juga menampilkan garis depan Ukraina termasuk Krimea, yang dianeksasi oleh Rusia pada tahun 2014.

Tetapi UEFA mengatakan peta itu tidak perlu diubah karena Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa “mengakui perbatasan teritorial seperti yang digambarkan secara luas oleh desain”.

Lagu “Kemuliaan bagi Ukraina” juga disetujui oleh UEFA sebagai “dengan sendirinya (itu) dapat dianggap sebagai frasa umum dan non-politik yang memiliki signifikansi nasional secara umum”.

Nyanyian itu digunakan oleh pengunjuk rasa yang menggulingkan pemimpin yang didukung Kremlin selama demonstrasi Maidan tujuh tahun lalu.

Pemberontakan itu dikutuk oleh Moskow dan memicu krisis dalam hubungan antara kedua negara.

Sejak mencaplok Krimea, Rusia telah mendukung separatis pro-Moskow di Ukraina timur. Konflik yang sedang berlangsung di sana telah merenggut nyawa lebih dari 13.000 orang.

Rusia bereaksi positif terhadap keputusan UEFA, dengan juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova mengatakan “olahraga bukan medan perang, melainkan lapangan untuk kompetisi.”

“Jadilah pahlawan olahraga dan Anda akan memiliki kemuliaan. Lakukan seperti itu dan bukan dengan slogan-slogan nasionalis yang mengatakan tanah air harus dimuliakan,” tulis Zakharova di Telegram.

Ukraina memulai langkah mereka di Euro 2020 pada Senin (14/6) dini hari melawan Belanda di Amsterdam. Di Grup C, mereka juga menghadapi Austria dan Makedonia Utara.

Rusia tergabung di Grup B bersama Belgia, Denmark, dan Finlandia. Pertandingan pertama mereka adalah melawan Belgia di St. Petersburg pada Minggu (13/6) dini hari. (Barrons/The Moscow Times, Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait