Tenis

Menegangkan, Nadal dan Djokovic akan Saling Adu Skill di Semifinal Prancis Terbuka 2021

  • Whatsapp
Djokovic akan berhadapan dengan Nadal di semifinal (Roland Garros).

PARIS-KEMPALAN: Rafael Nadal dan Novak Djokovic akan saling berhadapan di semifinal Prancis Terbuka Roland Garros 2021 usai melewati tantangan yang cukup menegangkan di perempat final pada Rabu (9/6).

Rafael Nadal melanjutkan upayanya untuk merebut gelar Prancis Terbuka ke-14 dengan kemenangan empat set yang mendebarkan atas Diego Schwartzman di perempat final yang mana pertandingan ini merupakan ‘ulangan’ dari semifinal tahun lalu.

Dalam ulangan semifinal tahun lalu, Schwartzman tampil luar biasa untuk mengakhiri rekor 36 set berturut-turut Nadal di Roland Garros, tetapi petenis Spanyol yang tak tertahankan itu bangkit menghadapi tantangan untuk mengamankan tempatnya di semifinal Jumat (11/6).

Kapasitas di Lapangan Philippe-Chatrier yang bermandikan sinar matahari diperluas menjadi 5.000 penggemar untuk pertama kalinya dalam dua minggu ini, dan mereka disuguhi pertandingan bertensi tinggi, yang membuat Nadal menang 6-3 4-6 6-4 6-0 dalam 168 menit.

Setelah melaju ke perempat final tanpa kehilangan satu set pun, Schwartzman mengancam kekalahan monumental melawan ‘The King of Clay’, yang hanya kalah dua kali dari 106 penampilannya sebelumnya di lapangan clay.

Namun demikian, dalam menghadapi tantangan, Nadal berada di level lain untuk mempertahankan pengejarannya atas rekor gelar Grand Slam ke-21; meraih sembilan game berturut-turut dari terpaut 4-3 di game ketiga untuk memperpanjang rekor kemenangannya di Prancis Terbuka menjadi 35 pertandingan.

Sementara itu, Novak Djokovic menantang serangan balik yang berani Matteo Berrettini dari Italia untuk menyiapkan pertandingan semifinal yang menegangkan melawan juara 13 kali Rafael Nadal.

Aksi Nadal di Perempat final Roland Garros (Roland Garros).

Untuk pertama kalinya di Roland Garros tahun ini, ada 5.000 penggemar yang hadir untuk sesi malam, meskipun mereka terpaksa pergi di pertengahan set keempat, karena pertandingan melebihi jam malam Paris pukul 11 malam.

Djokovic unggul 2-1 dalam set dan memimpin 3-2 ketika permainan dihentikan sebentar, karena beberapa penggemar di Lapangan Philippe-Chatrier menyatakan ketidakpuasan mereka atas keputusan itu, mencemooh dan meneriakkan, ‘kami telah membayar, kami akan bertahan”.

Berrettini mengancam comeback yang impresif setelah merebut tiebreak set ketiga, dan Djokovic muncul dalam bahaya untuk terlibat dalam lima set lainnya melawan lawan Italia, setelah bangkit dari ketinggalan dua set untuk mengalahkan Lorenzo Musetti yang berusia 19 tahun di 16 besar.

Namun, petenis nomor satu dunia itu melawan beberapa serangan brutal dari Berrettini untuk menutup kemenangan 6-3 6-2 6-7 7-5 dalam 3 jam dan 32 menit, untuk menyiapkan pertarungan blockbuster melawan ‘The King of Clay’.

Langkah dua rival abadi, Nadal dan Djokovic menjanjikan untuk menjadi pertunjukan yang menarik, dengan kedua pria mengejar potongan sejarah mereka sendiri.

Bagi Nadal, mahkota Prancis Terbuka ke-14 yang memperpanjang rekor akan membuat petenis Spanyol itu merebut 20 gelar Grand Slam milik Roger Federer.

Sementara itu, Djokovic bertujuan untuk menjadi pemain pertama di era terbuka yang memenangkan keempat turnamen utama dalam beberapa kesempatan, dan kemenangan perempat finalnya memastikan dia menjadi pemain kedua di belakang Federer yang tampil di 40 semifinal Grand Slam. (Sky Sports/Eurosport, Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait