Jerman

Eks Petinggi Volkswagen Sepakat Bayar Denda Sebesar Rp 5 Triliun

  • Whatsapp
Eks-bos Volkswagen, Martin Winkerton (CNN)

HANOVER-KEMPALAN: Mantan bos Volkswagen (VW) Martin Winterkorn dan tiga mantan manajer senior lainnya telah setuju untuk membayar 288 juta euro (Rp 5 triliun) sebagai ganti rugi yang timbul dari skandal emisi Dieselgate perusahaan, menurut dokumen pengadilan seperti yang dilansir dari dpa pada Rabu (9/6).

Pembayaran yang disepakati dapat mengakhiri sementara proses panjang untuk menerima tanggung jawab individu atas skandal emisi. Rapat umum perusahaan yang dijadwalkan pada 22 Juli masih harus menyetujui resolusi. Namun, pertanyaan lebih lanjut harus diklarifikasi di hadapan pengadilan itu sendiri dalam proses yang sudah berjalan atau tertunda.

Setelah pengungkapan manipulasi oksida nitrogen dalam mesin diesel dan melanggar Undang-Undang Udara Bersih di AS pada tahun 2015, ada proses hukum di seluruh dunia. Badan peradilan pidana dan perlindungan konsumen juga menyelidiki asal-usul skandal itu, yang menjerumuskan industri mobil ke dalam krisis kepercayaan dan sejauh ini telah merugikan Grup VW lebih dari 30 miliar euro.

Volkswagen mengakui kesalahannya kepada Departemen Kehakiman AS karena menipu pelanggan dan pihak berwenang. Namun, dewan pengawas juga menugaskan firma hukum Gleiss Lutz untuk menyelidiki proses internal pada periode sebelum kasus diesel. Audit ini berlangsung lebih dari lima tahun.

Winterkorn telah mengklaim bahwa dia selalu bertindak dengan benar sepanjang pengetahuannya sebelum tuduhan itu diketahui. Dia telah “melakukan segala sesuatu yang diperlukan dan tidak menghilangkan apa pun yang akan menyebabkan untuk menghindari atau meminimalkan kerusakan yang disebabkan.”

Mantan ketua dewan secara pribadi akan membayar 11,2 juta euro. Eks bos Audi dan anggota dewan grup VW Rupert Stadler akan membayar 4,1 juta euro. Dia dan Winterkorn dituduh melanggar tugas perawatan mereka di bawah hukum perusahaan saham. Mantan anggota dewan Porsche Wolfgang Hatz juga menyumbang 1,5 juta euro, dan mantan manajer Audi Stefan Knirsch 1 juta euro.

Ada juga pembayaran asuransi tambahan yang jauh melebihi jumlah pribadi. Volkswagen mengatakan pembayaran ini berjumlah total 270 juta euro. Selain pengacara mantan manajer, lebih dari 30 perusahaan asuransi terlibat dalam negosiasi.

Baik pembayaran pribadi dan pertanggungan yang diasuransikan sejauh ini merupakan jumlah tertinggi yang pernah diajukan oleh konsorsium semacam itu di Jerman”, menurut lingkaran negosiator. Keputusan pada prinsipnya untuk membuat Winterkorn dan beberapa rekannya bertanggung jawab secara finansial setelah “Dieselgate” telah diambil pada akhir Maret, dengan rincian yang baru diumumkan sekarang. (dpa, Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait