Euro 2020

Preview Grup D: Republik Ceko dapat Menjadi Kejutan di Grup D

  • Whatsapp
Gelandang Republik Ceko, Tomas Soucek.

KEMPALAN: Republik Ceko berhasil bangkit dari keterpurukan Euro 2016 di Prancis, di mana mereka tak lolos dari fase grup dengan catatan tak meraih satupun kemenangan.

Manajer timnas Jaroslav Silhavy berhasil membangun kembali tim dengan dasar yang kuat dan dengan pemain bintang kelas dunia, seperti Tomas Soucek, Ceko harus diwaspadai karena dapat menjadi kejutan.

PELATIH

Jaroslav Silhavy: Republik Ceko selalu lolos ke setiap Kejuaraan Eropa sejak 1996 sehingga Silhavy ditugaskan untuk meningkatkan prestasi mereka usai rekor buruk di Prancis lima tahun lalu, dimana saat itu Ceko gagal di fase grup dengan catatan tak sekalipun meraih kemenangan dan hanya mengoleksi satu poin.

Silhavy membawa Slovan Liberec ke Liga Champions pada 2012 dan telah memimpin tim nasional selama lebih dari tiga tahun. Dia membawa Ceko ke promosi ke Liga A di UEFA Nations League dan sukses membangun timnas dengan dasar yang kuat.

PERFORMA TIM

Saat terakhir kali Kejuaraan Eropa berlangsung di tanah Inggris, siapa yang bisa melupakan lob indah Karel Poborsk saat melawan Portugal di perempat final? Timnas Ceko 2021 akan berharap untuk menciptakan kenangan itu lagi saat mereka kembali ke Wembley.

Republik Ceko datang ke Euro dengan empat poin yang dikumpulkan dari tiga pertandingan di grup kualifikasi Piala Dunia 2022 mereka. Tim tahun ini mungkin tidak seberbakat generasi emas pada 20 tahun yang lalu, tetapi mereka akan menjadi lawan yang berbahaya di Grup D.

KOMPOSISI TIM

Goalkeepers: Tomáš Vaclík (Sevilla), Jiří Pavlenka (Werder Bremen), Aleš Mandous (Sigma Olomouc)

Defenders: Pavel Kadeřábek (1899 Hoffenheim), Ondřej Čelůstka (Sparta Prague), Tomáš Kalas, (Bristol City), Jan Bořil (Slavia Prague), Jakub Brabec (Viktoria Plzeň), Vladimír Coufal (West Ham United), Tomáš Holeš (Slavia Prague), Aleš Matějů (Brescia), David Zima (Slavia Prague)

Midfielders: Vladimír Darida (Hertha BSC), Jakub Jankto (Sampdoria), Tomáš Souček (West Ham United), Lukáš Masopust (Slavia Prague), Antonín Barák (Hellas Verona), Alex Král (Spartak Moscow), Petr Ševčík (Slavia Prague), Adam Hložek, (Sparta Prague), Jakub Pešek (Slovan Liberec).

Forwards: Matěj Vydra (Burnley), Michael Krmenčík (PAOK), Patrik Schick (Bayer Leverkusen), Tomáš Pekhart (Legia Warsaw).

PEMAIN KUNCI

Tomas Soucek – Terpilih sebagai salah satu pemain terbaik Liga Premier musim ini, Soucek akan menjadi ancaman utama dari Ceko. Dia tidak hanya menunjukkan kepada West Ham kemampuannya untuk bertahanan secara solid di lini belakang selama tendangan sudut dan tendangan bebas, Soucek juga menjadi kunci dalam serangan, gol-golnya membantu The Hammers lolos ke kompetisi Eropa di musim depan.

Terlebih lagi, dia tahu segalanya tentang timnas Inggris bersama dengan rekan satu klubnya Vladimir Coufal.

BEST EURO FINISH

Runner-up (1996), semifinal (2004). (Sky Sports, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait