Rusia

Kritikus Kremlin Dedikasikan Penghargaan HAM untuk Aktivis

  • Whatsapp
Daria Navalnaya, anak Aleksei Navalny menyampaikan pesan-pesan ayahnya pada Selasa (8/6).

MOSKOW-KEMPALAN: Aleksei Navalny, oposisi dan kritikus Kremlin yang dipenjara mendedikasikan penghargaan HAM untuk semua tahanan politik di Rusia dan Belarusia. Hal ini disampaikan oleh anaknya yang sedang berkuliah di Universitas Stanford, Amerika Serikat ketika pertemuan kelompok pembela HAM.

“Ayah saya meminta saya hari ini untuk memberikan penghargaan ini kepada setiap tahanan politik di Rusia dan Belarusia,” kata Daria Navalnaya dalam sebuah pernyataan video di KTT Jenewa untuk Hak Asasi Manusia dan Demokrasi pada Selasa (8/6).

Ia menambahkan, ayahnya menuliskan keadaan para tahanan politik itu lebih menyedihkan ketimbang dirinya, karena mereka tidak terlalu terkenal dan menambahkan para tahanan politik tidak sendirian dan tidak akan terlupakan.

“Anda seharusnya melihat ayah saya sebagai gantinya, tetapi dia berada di penjara Rusia sekarang hanya karena apa yang dia katakan, lakukan, dan yakini — dan karena dia tidak mati ketika pemerintah Rusia menginginkannya,” kata Navalnaya seperti yang dikutip Kempalan dari Radio Free Europe/Radio Liberty.

Daria menambahkan, selama bertahun-tahun ayahnya telah menunjukkan orang-orang yang berkuasa tanpa malu-malu menyalahgunakan kekuasaannya. Menurut ayahnya, para warga negara lah yang menentukan siapa berkuasa di negaranya dan seberapa lama mereka berkuasa. Daria pun menyampaikan keprihatinan atas “jatuhnya demokrasi” di Rusia. (RFE/RL, reza hikam)

Berita Terkait