Rusia

Balas Dendam, Rusia Blokir Sembilan Orang Kanada

  • Whatsapp
Kedutaan Besar Kanada di Rusia.

MOSKOW-KEMPALAN: Rusia mengumumkan pada Senin (8/6) telah memutuskan untuk memblokir sembilan pejabat Kanada agar tidak bisa memasuki wilayahnya sebagai tanggapan atas sanksi yang diberlakukan negara Amerika Utara pada Maret lalu.

Pejabat yang dilarang masuk salah satunya adalah David Lameth, Menteri Kehakiman Kanada dan Hakim Agung, serta Anna Kelly, komisioner lapas di Kanada.

Dalam pernyataan resmi, Maria Zakharova, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Kanada mendukung prakarsa melawan Rusia di segala lini.

Ia mengatakan, Ottawa mendukung tudingan tak berdasar yang dilayangkan Ukraina dan negara-negara Baltik melawan Rusia dan berusaha mencampuri urusan dalam negerinya.

Zakharia mengatakan Kanada memberikan sanksi pada beberapa warga negara Rusia karena mempersekusi beberapa oposisi Rusia seperti Aleksei Navalny.

Rusia sekarang dalam kondisi memanas dengan dunia Barat semenjak 2014, yakni pencaplokan Krimea, sementara itu Ukraina meminta dukungan dari AS dan NATO, ditambah lagi sejumlah negara juga bermain lempar-melempar diplomat dengan Rusia. (Anadolu Agency, reza hikam)

Berita Terkait