Eropa

Penerbangan Jerman-Rusia Kembali Beroperasi di Tengah Ketegangan Belarusia

  • Whatsapp
Maskapai Jerman, Lufthansa (Daily Hive)

BERLIN-KEMPALAN: Penerbangan antara Jerman dan Rusia akan dilanjutkan pada Kamis (3/6), kata maskapai Jerman Lufthansa kepada Euronews.

“Otoritas Rusia telah mengeluarkan izin untuk penerbangan penumpang ke Rusia pada Juni,” kata Lufthansa dalam sebuah pernyataan.

“Penerbangan Lufthansa yang dijadwalkan ke Moskow dan St. Petersburg dapat dilanjutkan,” tambahnya.

Pengumuman itu muncul setelah lalu lintas penerbangan antara kedua negara dihentikan sebentar pada Selasa (1/6) dan Rabu (2/6) di tengah perselisihan tentang Belarusia.

Kementerian transportasi di Berlin mengatakan sebelumnya pada Rabu (2/6) bahwa Jerman telah menangguhkan pendaratan maskapai Rusia di wilayahnya karena Rusia diduga tidak mengizinkan kedatangan penerbangan Lufthansa ke bandaranya.

Langkah ini datang di tengah ketegangan antara Barat dan Moskow setelah Belarus mengalihkan jet penumpang Ryanair yang terbang dari Yunani ke Lithuania untuk menangkap jurnalis pembangkang Roman Protasevich bulan lalu.

Hal ini mendorong negara-negara Eropa untuk berhenti menggunakan teritori udara Belarusia.

Moskow, sekutu Minsk, kemudian mulai menolak untuk mengizinkan penerbangan tujuan Rusia dialihkan untuk menghindari Belarus, yang mengakibatkan pembatalan penerbangan sepertj Austrian Airlines dari Wina dan penerbangan Air France dari Paris.

“Otoritas penerbangan Rusia FATA tidak mengeluarkan persetujuan tepat waktu untuk penerbangan Lufthansa bulan Juni, sehingga penerbangan Lufthansa yang dijadwalkan pada pagi hari tanggal 2 Juni harus dibatalkan pada tanggal 1 Juni malam,” kata Kementerian Transportasi Jerman.

“Jerman belum mengeluarkan izin lebih lanjut untuk penerbangan oleh maskapai Rusia selama izin di pihak Rusia masih menunggu,” lanjut pernyataan itu.

Maskapai penerbangan Rusia Aeroflot memiliki total tiga penerbangan yang dibatalkan pada Selasa (1/6) dan empat penerbangan yang dibatalkan pada Rabu (2/6), kata kementerian itu.

Segera setelah Rusia memberikan izin untuk penerbangan Jerman, pendaratan maskapai Rusia juga akan disetujui oleh Jerman, tambah pernyataan itu.

Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa pada Rabu (2/6) meminta otoritas blok untuk memberi tahu operator pesawat mereka “bahwa melakukan operasi di wilayah udara Belarus … tidak lagi diizinkan, kecuali diperlukan untuk operasi yang aman dalam keadaan yang tidak terduga.” (Euronews, Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait