Menu

Mode Gelap

kempalanmanca · 1 Jun 2021 04:51 WIB ·

Hanya di Meksiko, Kartel Narkoba Buru Polisi Sampai Rumah Mereka


					Jalisco dan pasukannya yang siap culik dan bunuh polisi Guanajuato. (El Chuqueno) Perbesar

Jalisco dan pasukannya yang siap culik dan bunuh polisi Guanajuato. (El Chuqueno)

MEXICO CITY-KEMPALAN: Kartel Jalisco yang terkenal kejam menanggapi kebijakan “pelukan, bukan peluru” Meksiko dengan kebijakannya sendiri: Kartel menculik beberapa anggota pasukan polisi elit di negara bagian Guanajuato, menyiksa untuk mendapatkan nama dan alamat sesama petugas dan sekarang memburu dan membunuh polisi di rumah pada hari libur di depan keluarga mereka.

Ini adalah jenis serangan langsung terhadap perwira yang jarang terlihat di luar negara yang dilanda maraknya geng di Amerika Tengah dan merupakan tantangan paling langsung bagi kebijakan Presiden Andrés Manuel López Obrador untuk menghindari kekerasan dan menolak perang apa pun terhadap kartel.

Tetapi kartel telah menyatakan perang terhadap pemerintah, yang bertujuan untuk memberantas pasukan elit negara yang dikenal sebagai Kelompok Taktis yang dituduh oleh geng tersebut memperlakukan anggotanya secara tidak adil.

Melansir dari APNews, Pejabat di Guanajuato – negara bagian paling kejam di Meksiko, tempat Jalisco melawan geng lokal yang didukung oleh kartel saingannya Sinaloa – menolak berkomentar tentang berapa banyak anggota kelompok elit yang telah dibunuh sejauh ini.

Tetapi polisi negara bagian secara terbuka mengakui kasus terbaru, seorang petugas yang diculik dari rumahnya pada hari Kamis (27/5), tewas dan tubuhnya dibuang di jalan raya.

Analis keamanan yang berbasis di Guanajuato David Saucedo mengatakan ada banyak kasus.

“Banyak dari mereka (petugas) telah memutuskan untuk meninggalkan. Mereka mengambil keluarga mereka, meninggalkan rumah mereka dan mereka melarikan diri dan bersembunyi, ”kata Saucedo. CJNG sedang memburu pasukan polisi elit Guanajuato.

Jumlah korban sulit didapat, tetapi Poplab, sebuah koperasi berita di Guanajuato, mengatakan setidaknya tujuh petugas polisi telah terbunuh pada hari libur mereka sepanjang tahun ini. Pada bulan Januari, orang-orang bersenjata pergi ke rumah seorang petugas polisi wanita, membunuh suaminya, menyeretnya pergi, menyiksanya dan membuang tubuhnya yang dipenuhi peluru.

Guanajuato memiliki angka polisi terbunuh tertinggi di negara bagian Meksiko mana pun sejak 2018, menurut Poplab. Antara 2018 dan 12 Mei, total 262 polisi telah terbunuh, atau rata-rata sekitar 75 petugas setiap tahun – lebih banyak dari yang terbunuh oleh tembakan atau serangan lain rata-rata setiap tahun di seluruh Amerika Serikat, yang memiliki 50 kali populasi Guanajuato. (APNews, Abdul Manaf Farid)

Artikel ini telah dibaca 115 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Kapal Laut Tiongkok dan Rusia Berlayar di Selat Jepang, Tidak Ada Pelanggaran Internasional

19 Oktober 2021 - 19:32 WIB

Ilustrasi Kapal Laut Tiongkok-Rusia-Aljazeera

Utusan AS ke Afghanistan Undurkan Diri, Bukti Salah Satu Kegagalan Diplomasi AS

19 Oktober 2021 - 18:03 WIB

Zamlay Khalilzad-BBC

Rusia Tunda Misinya dengan NATO, Tensi Semakin Naik sejak Diplomat Rusia Diusir

19 Oktober 2021 - 15:50 WIB

Sergei Lavrov-APNews

Menlu AS Kulit Hitam Pertama; Collin Powell Meninggal Akibat Komplikasi COVID-19

19 Oktober 2021 - 15:15 WIB

Collin Powell-BBC

Ribuan Tahanan Politik Myanmar Dibebaskan, Komunitas Internasional Masih tidak Senang

19 Oktober 2021 - 14:53 WIB

Pelepasan Tahanan Politik di Myanmar-TheGuardian

Masjid Agung Mekah Buka Secara Normal, Tidak ada Jaga Jarak Sosial

18 Oktober 2021 - 21:22 WIB

Ilustrasi Masjid Agung Mekah-AnadoluAgency
Trending di kempalanmanca