Sepak Bola Nasional

Besok, Timnas Indonesia Ujicoba Lawan Oman, Shin Tae-yong Ingatkan Pemainnya Tetap Fokus saat Bermain

  • Whatsapp
TC Timnas Indonesia di Dubai

DUBAI-KEMPALAN: Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan timnya langsung memperbaiki kekurangan yang ada, usai menjalani laga uji coba pertama melawan Afghanistan di Lapangan Iranian Club, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Selasa (25/5) malam.

Dalam laga uji coba tersebut, timnas kalah tipis 2-3. Skuad Garuda kemasukan tiga gol di babak pertama, namun dengan kegigihan dan pergantian pemain yang tepat, mereka bisa menipiskan selisih gol, melalui gol dari Egy Mualana Vikri pada menit ke-59 dan Adam Alis di menit ke-64.

“Memang ini sebuah proses, jadi kita berusaha untuk memainkan seluruh pemain. Hasil ini juga dampak dari tidak bergulirnya kompetisi di Indonesia selama satu tahun enam bulan. Tapi Ini merupakan perkembangan yang sangat baik. Babak pertama kita memang kemasukan tiga gol, namun di babak kedua kita bisa mengejar kembali, untuk mencetak dua gol, disitu saya melihat kegigihan dan semangat dari para pemain, dan saya berterima kasih atas usahanya,” ucap Shin Tae-yong.

Setelah ujicoba tersebut, skuad Garuda diberi jatah libur sehari, timnas kembali menggelar latihan pada Kamis pagi (26/5). Kalau di hari sebelumnya, mereka hanya latihan di sore hari, kini latihan digelar pagi hari. Evan Dimas dan kawan-kawan sudah bersiap di lapangan JA (Jebel Ali) Sports Center and Shooting Club, Dubai, dari pukul 07.00 waktu setempat.

Sebelum memulai latihan, seperti biasa, mereka melakukan pemanasan, senam, dan jogging mengelilingi lapangan, lalu masuk ke materi latihan.

Materi latihan yang diberikan Shin fokus pada kekompakan dalam bertahan dan menyerang. Passing juga diperkuat, set piece defence dan offence, kemudian terakhir adalah shootout.

Pelatih asal Korea Selatan ini, meminta pemain harus melakukannyai dengan sungguh-sungguh. “Karena itu semua merupakan sebagian dari kekurangan yang ingin kita perbaiki. Saya ingin pemain fokus konsentrasi penuh saat bermain, supaya kita bisa lebih baik di pertandingan berikutnya. Dan semangat juga harus dipertahankan,” jelasnya.

M Riyandi

Riyandi Sudah Bergabung
Sementara itu kiper Muhammad Riyandi sudah tiba di Dubai dan langsung bergabung dengan rekan-rekannya di Timnas. Riyandi bergabung saat sarapan pagi bersama usai timnas latihan pagi.

“Saya tiba jam 07.00 pagi tadi. Istirahat, lalu ikut bergabung dengan teman-teman saat sarapan, sesudah mereka latihan pagi,” tutur Riyandi.

Pelatih Shin Tae-yong kembali memanggil M Riyandi untuk bergabung pada pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Dubai, UEA.

Sebelumnya, kiper Barito Putera itu sempat mendapatkan panggilan untuk mengikuti TC di Jakarta pada awal Mei 2021. Namun ia batal bergabung karena sakit.

“Kami memanggil Riyandi untuk menambah kiper yang sudah ada. Saat ini kondisinya sudah oke, oleh karena itu ia kami panggil ke Dubai,” kata Shin Tae-yong.

Saat ini skuad Garuda sudah berkekuatan tiga orang kiper yakni Nadeo Argawinata, Aqil Savik, dan Adi Satryo. Saat menjalani TC di Dubai, Nadeo sempat mengalami cedera ringan, namun kondisinya sudah membaik.

Indonesia akan kembali menghadapi pertandingan uji coba melawan Oman pada Sabtu (29/5).

Uji coba melawan Oman didaftarkan sebagai laga FIFA A Match. Dengan status pertandingan menjadi FIFA A Match tentu hasilnya akan ada poin dari FIFA.

Setelah melawan Oman, skuad Garuda akan menghadapi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G yang dimulai awal Juni mendatang di Dubai. Indonesia akan melawan Thailand (3/6), Vietnam (7/6), dan UEA (11/6) mendatang. (PSSI, muhammad tanreha)

Berita Terkait