Pelatihan Berbagai Bentuk Permainan Kecil Sebagai Upaya Meningkatkan Ketrampilan Gerak Dasar Siswa Pada Pembelajaran PJOK di Kabupaten Nganjuk
NGANJUK-KEMPALAN :
I. Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era global ini memiliki dampak positif dan dampak negative. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi karakter peserta didik. Kondisi di Indonesia saat ini, banyak siswa yang terpengaruh dampak negatif dari perkembangan teknologi. Banyak dari antara mereka yang menunjukkan tanda-tanda perilaku negative yang harus diwaspadai, seperti penurunan minat untuk bersosialisasi dengan lingkungan, rendahnya kepedulian terhadap sesama, dan sopan santun yang menurun. Selain itu juga banyak siswa yang menunjukkan tanda-tanda kecanduan gadget. Permasalahan ini tentunya tidak dapat dibiarkan begitu saja, karena jika tidak diatasi dapat berujung pada dampak negative yang lebih besar salah satunya yaitu menurunkan akhlak dan moral bangsa. Tujuan Pendidikan Nasional Indonesia salah satunya adalah menghasilkan manusia cerdas yang memiliki akhlak dan moral yang baik. Hal ini dapat terwujud melalui penyelenggaraan proses belajar mengajar bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang diselenggarakan Guru PJOK di sekolah. Lebih lanjut, penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa permainan kecil terbukti dapat memberikan dampak positive yaitu memberikan dan meningkatkan nilai karakter siswa.
Tim pengusul menemukan setidaknya ada beberapa permasalahan terkait hal ini, yaitu:
1. Ditemukan beberapa peserta didik yang mulai kehilangan nilai dan karakter akibat tidak selektif terhadap pengaruh negatif kemajuan teknologi dan globalisasi.
2. Banyak SDM guru bidang studi PJOK yang belum memahami permainan kecil. 3. Banyak SDM guru bidang studi PJOK yang belum memahami peranan permainan kecil dalam meningkatkan nilai karakter peserta didik. Sehingga diberikan solusi berupa:
1. Memperkenalkan permainan kecil sebagai alternative cara meningkatkan nilai karakter siswa.
2. Pemberian materi permainan kecil kepada guru bidang studi PJOK agar mereka memahami dasar, penerapan, dan manfaat permainan kecil. Melalui kegiatan ini, Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Surabaya dapat memberikan nilai guna yang positif dalam bentuk kegiatan pengabdian untuk meningkatan sumber daya manusia dan mitra, yaitu dalam hal ini guru anggota MGMP PJOK di Kabupaten Nganjuk.
II. Peserta
Peserta dalam kegiatan PKM dengan judul “Pelatihan berbagai bentuk permainan kecil sebagai upaya meningkatkan keterampilan gerak dasar motorik siswa pada pembelajaran PJOK ini adalah guru mata pelajaran PJOK di Kab. Nganjuk yang berjumlah 18 guru.
III. Pelaksanaan PKM
Langkah-Langkah Pelaksanaan PKM adalah sebagai berikut:
Tahap
Kegiatan
Deskripsi
Persiapan
Kerjasama
Melakukan kunjungan kepada mitra untuk melakukan kerjasama.
Studi kebutuhan
Melakukan pendataan sumber daya guru dan kepengurusan KKG.
Perancangan kegiatan
Melakukan koordinasi dengan tim PKM dalam merancang kegiatan dalam menjalankan solusi yang telah ditawarkan.
Penyamaan persepsi
Melakukan koordinasi dengan tim PKM untuk penyamaan persepsi
Revisi
Dilakukan revisi atau perbaikan solusi sesuai hasil diskusi anggota tim PKM.
Penjadwalan
Pelaksanaan PKM dijadwalkan dengan menyesuaikan waktu jadwal dari jurusan
Pelaksanaan
Koordinasi
Tim Pelaksana PKM melakukan koordinasi dengan panitia dan KKG Kabuapten Nganjuk sebelum terjun langsung kepada peserta.
Diskusi
Penyampaikan materi konseptual kepada peserta ( pengantar materi melalui PPT)
Pelatihan
Pelatihan akan dilakukan pada peserta dengan metode demonstrasi
Akhir
Evaluasi Diberikan angket kualitas pelaksanaan program ini kepada peserta pelatihan. Selain itu, apabila diperlukan dapat dilakukan wawancara yang mendalam agar kualitas secara kualitatif dapat dimunculkan secara empiris.
Koordinasi tim untuk melakukan evaluasi internal anggota tim PKM
Dari hasil analisis angket kesesuaian yang sudah diisi oleh peserta pelatihan didapatkan Kualitas Pelaksanaan PKM rerata menyatakan (sangat sesuai)
Pengalaman guru dalam memanfaatkan materi permainan (sangat sesuai)
Kesesuaian jenis permainan untuk mengajar karakter (sangat sesuai)
Jenis permainan untuk mengajarkan pemecahan masalah (sesuai)
Kesesuaian jenis permainan untuk mengajarkan keterampilan (sangat sesuai)
Kesesuaian jenis permainan untuk mengajarkan kreativitas (sangat sesuai)
Kesesuaian jenis permainan untuk mengajarkan berpikir kritis (sangat sesuai)
IV. Narasumber
Narasumber yang memberikan materi adalah:
Dra Sasminta Christina Yuli Hartati .,MPd.
Dony Andriyanto.,S.Pd.,M.Kes
Bayu Budi Prakoso.,S.Pd.,M.Pd.(Ambari Taufiq/M Fasichullisan)