Jelang PON 2024, Komisi E  Minta KONI Jatim Tingkatkan Koordinasi dengan Cabor dan Pemprov

waktu baca 2 menit
Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Hikmah Bafaqih

SURABAYA-KEMPALAN: Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur Hikmah Bafaqih berharap prestasi Jatim lebih meningkat di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatra Utara (Sumut).

Jika pada PON XX 2021 Papua kontingen Jatim berada di urutan ketiga di bawah Jawa Barat (Jabar) dan DKI Jakarta, maka minimal Jatim meningkat menjadi runner-up di PON XXI 2024. “Lebih bagus lagi kalau bisa keluar sebagai juara umum,” kata Hikmah Bafaqih kepada kempalan.com, Kamis (30/5).

Untuk itu, legislator perempuan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini miminta kepada pengurus KONI Jatim agar lebih intensif melakukan koordinasi dengan para pengurus cabang olahrahga (cabor) di Jatim. Khususnya yang cabornya dipertandingkan di PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

Selain itu, Hikmah juga meminta agar pengurus  KONI Jatim berkoordinasi dengan Pemprov Jatim, khususnya terkait  anggaran. Juga keterlibatan para kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim yang akan diterjunkan untuk memantau cabang olahraga (cabor), mulai saat mengikuti puslatda sampai berlaga di PON XXI 2O24.

Pasalnya, seperti dikatakan Pj.Gubernur Jatim Adhy Karyono beberapa waktu lalu, para kepala OPD tersebut tidak hanya ditugaskan memantau dan memberi semangat, tapi juga diminta membantu apa saja yang dibutuhkan oleh  cabor yang dimonitor.

“Nah, ini sudah dilakukan apa belum oleh para kepala OPD. Ini penting, agar para atlet puslatda lebih semangat dalam berlatih,” kata Hikmah Bafaqih.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jatim M.Nabil ketika dikonfirmasi mengatakan sampai saat ini belum ada kepala OPD yang terjun ke lapangan untuk memantau persiapan atlet dalam puslatda yang akan diterjunkan di PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

“Ini juga saya pertanyakan, kapan mereka (para kepala OPD) akan terjun ke lapangan. Sebab, sampai saat ini belum ada satu pun yang turun,” kata Nabil.

Jatim sendiri pada PON XXI 2021 di Papua menempati urutan ketiga dengan meraih 110 medali emas, 89 perak, dan 88 perunggu. Peringkat pertama ditempati Jawa Barat yang meraih 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu. Sedang posisi kedua atau runner up ditempati DKI Jakarta, meraih 110 medali emas, 91 perak, dan 100 perunggu.

Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono berharap Jatim tampil sebagai juara umum pada PON XXI 2024. Bahkan, ia menyatakan siap menjadi komandan kontingen. “Anggaran sudah kita siapkan mulai proses seleksi hingga pelaksanaan PON. Termasuk bonus bagi atlet yang nantinya berhasil meraih prestasi,” kata  mantan Sekdaprov Jatim ini. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *