Fix! Tidak Ada Ulangan Laga Belgia vs Swedia

waktu baca 2 menit
Papan skor King Baudouin Stadium, Brussels, yang menunjukkan skor sama kuat Belgia vs Swedia 1-1. (Foto: Reuters)

BRUSSELS-KEMPALAN: Tragedi mematikan di King Baudouin Stadium, Brussels, sudah menghentikan pertandingan kualifikasi Euro 2024 antara Belgia yang menjamu Swedia (17/10) pada jeda babak kedua.

Ketika laga tersebut dihentikan, pertandingan masih berkesudahan sama kuat 1-1. Tim tuan rumah ketinggalan terlebih dahulu saat Viktor Gyokeres mencetak gol ketika menit ke-15.

De Rode Duivels (julukan timnas Belgia) langsung bisa menyamakan kedudukan setelah bomber andalannya Romelu Lukaku menciptakan gol dari titik penalti pada menit yang ke-31.

Saat istirahat jeda babak kedua itulah terjadi penembakan yang menewaskan dua orang pendukung Blagult (julukan timnas Swedia). Pelaku sudah diamankan pihak kepolisian sehari kemudian.

Hasil babak pertama 1-1 ternyata sudah dinyatakan oleh Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA) sebagai hasil akhir laga tersebut. Meski begitu, UEFA baru menyatakan sikapnya pada Kamis malam WIB (19/10).

BACA JUGA: Laga Belgia vs Swedia Diserang Teroris, Begini Opsi Kelanjutannya

Sebenarnya, dari hasil akhir ini, 1-1 itu sudah merugikan Swedia. Sebab, Victor Lindelof dkk di laga itu masih bisa membalikkan keadaan dan memenangi laga tersebut. Jika itu terjadi, maka Swedia bisa saja mengganjal laju Austria.

Nyatanya, dengan tambahan satu angka, Swedia harus merelakan Austria yang merebut tiket lolos otomatis kedua dari Grup F bersama Belgia. Sedangkan Swedia harus berebut tiket lolos dari jalur playoff.

’’Federasi Belgia dan Swedia sama-sama puas dengan keputusan ini,’’ klaim UEFA dalam pernyataan resminya. Swedia sebelumnya diungkapkan kapten Lindelof sudah legawa gagal menang di Brussels.

CEO Federasi Sepak Bola Swedia (SvFF) Hakan Sjostrand menyebut faktor olahraga ada di prioritas kedua dalam kasus ini. Mereka tidak memikirkan kans lolos otomatisnya ke Euro 2024 di Jerman.

’’Yang kami pikirkan hanya korban dan keluarganya. Para pendukung Swedia yang tidak bersalah harus jadi target terorisme itu yang mengejutkan. Kami harap, ini tidak terjadi lagi di masa-masa mendatang,’’ tutur Sjostrand, seperti dikutip dari laman ESPN.

Sebagai penghormatan, semua pertandingan di liga utama Swedia akhir pekan ini bakal dimulai dengan minute silence. Selain di liga utama Swedia, juga di liga utama Belgia. Ini sebagai bagian dari solidaritas Belgia. (YMP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *