Tuntas, Gerebek Masjid Polresta Sidoarjo di 18 Kecamatan

waktu baca 2 menit
Mushola Darussalam Tulangan (gambar atas). Pembagian sembako di Tanggulangin, di Masjid Baabut Taqwa, Waru dan Masjid Nurul Iman, Sedati.

SIDOARJO-KEMPALAN: Bantuan Polresta Sidoarjo untuk masjid dan mushola selama bulan Ramadan tuntas dilakukan. Program bantuan berupa material bahan bangunan bagi masjid dan mushola yang sedang renovasi ataupun membangun baru sudah dibagi merata di 18 kecamatan di Sidoarjo.

Sebelumnya, bantuan serupa sudah diberikan di Kecamatan Candi. Prambon, Tarik, Balongbendo, Krian, Gedangan, Buduran, Porong, Jabon, Krembung, Sidoarjo, Sukodono, dan Taman.

Bantuan pertama diberikan ke Masjid Baitussalam, Desa Lambangan, Kecamatan Wonoayu pada awal Ramadan atau Jumat. 24 Maret 2023.

“Di bulan Ramadhan ini, momentum untuk saling berbagi dan peduli. Kami ingin berbagi dan membangun rasa peduli anggota kepada tempat ibadah maupun masyarakat. Salah satunya ada masjid yang sedang membangun atau renovasi, kami tindaklanjuti dengan memberikan bantuan material,” jelas Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro.

Selama Ramadan tahun ini, Polresta Sidoarjo menyalurkan bantuan kepada masjid dan mushola berupa 50 sak semen, 1 truk pasir serta Al-Quran dan air mineral melalui Program Gerebek Masjid.

Sebulan penuh Kapolresta Sidoarjo bersama pejabat utama Polresta Sidoarjo blusukan ke masjid/mushola dan mendistribusikan langsung bantuan-bantuan tersebut.

Adapun, masjid dan mushola yang belum tersentuh bantuan di empat kecamatan yakni Tulangan, Tanggulangin, Waru dan Sedati baru tuntas dilakukan Kamis (21/4/2023) malam atau H-1 Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M.

Kepada masjid dan mushola di empat kecamatan tersebut, Kapolresta Kusumo menyerahkannya usai salat tarawih. Iring-iringan rombongan Kapolresta Sidoarjo meninggalkan Mapolresta Sidoarjo sekitar jam 21.00 WIB.

Berada dalam rombongan Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana, Kasat Reskrim Kompol Tiksnarto Andaru Rahutomo, Kasat Resnarkoba Kompol Rudy Prabowo, Kasat Lantas Kompol Yanto Mulyanto, Kasi Propam AKP IGD Atmagiri serta Ps Kasihumas Iptu Tri Novi Handono.

Meski diguyur hujan deras dan lampu padam tidak menyurutkan semangat Kombes Pol. Kusumo beserta rombongan untuk menyalurkan bantuan ke Mushola Darussalam, Desa Singopadu, Kecamatan Tulangan.

“Hari ini di akhir bulan Ramadan, kami dari Polresta Sidoarjo memberikan bantuan untuk Mushola Darussalam yang memerlukan perbaikan. Kami membantu materialnya dengan harapan Mushola Darussalam ini dapat segera diselesaikan pembangunannya,” ujar Kusumo saat menyerahkan bantuan ditengah guyuran hujan deras.

Setelah Tulangan bantuan dilanjutkan ke musholla di Kecamatan Tanggulangin. Selanjutnya ke Masjid Baabut Taqwa di Kecamatan Waru dan berakhir di Masjid Nurul Iman, Sedati, pukul 23.46 WIB, sekaligus mengakhiri Program Gerebek Masjid Polresta Sidoarjo.

Selama pelaksanaan Program Gerebek Masjid, Polresta Sidoarjo juga menggelar dialog kamtibmas, menyalurkan bantuan kemanusiaan dan pelayanan kesehatan dan vaksin booster yang belum mendapatkannya.

Bahkan, tak jarang bantuan kemanusiaan berupa paket sembako diberikan langsung secara door to door kepada warga yang membutuhkan. Juga, pembagian snack ke anak-anak. (Muhammad Tanreha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *