Indonesia Terancam Batal jadi Tuan Rumah, STY Beri Tanggapan Begini

waktu baca 2 menit
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (*)

JAKARTA-KEMPALAN: Pelatih Timnas, Shin Tae-yong merasa khawatir dan berharap Indonesia tak kehilangan status tuan rumah di Piala Dunia U-20 2023. 

Indonesia terancam kehilangan statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Ancaman tersebut muncul karena tingginya gelombang penolakan yang dilakukan oleh pejabat dan juga masyarakat kepada Israel, salah satu peserta Piala Dunia U-20. 

Israel ditolak karena dianggap sebagai negara penjajah yang tidak sesuai dengan konstitusi dalam UUD 1945. Apalagi banyak masyarakat yang mendukung kemerdekaan Palestina. 

Banyaknya penolakan ini bahwa sampai membuat FIFA harus membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya digelar di Denpasar, Bali, pada 31 Maret mendatang.

Pembatalan ini tak lepas karena adanya penolakan dari Gubernur Bali I Wayan Koster. Koster dengan tegas menolak kedatangan Israel yang dinilai tak sejalan dengan kebijakan politik Indonesia karena telah menjajah Palestina. 

Kabar pembatalan drawing ini membuat pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menjadi was-was. Pelatih berusia 52 tahun itu berharap Piala Dunia U-20 tetap berlanjut agar usahanya dalam mempersiapkan Timnas Indonesia U-20 tak sia-sia.

“Saya sudah mendengar masalah drawing dibatalkan. Memang saya juga gelisah dan sangat disayangkan,” kata Shin Tae-yong

“Tapi saya berharap Piala Dunia berjalan lancar (digelar) di Indonesia, apalagi untuk kemajuan sepakbola Indonesia, itu penting.” tambahnya. 

“Saya sudah bekerja keras dari 2020 untuk Piala Dunia U-20. Jadi saya mau dapat tetap tampil di Piala Dunia U-20 nanti.” imbuh mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

(*) Edwin Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *