Eartag Digital untuk Berantas Penyakit Mulut dan Kuku

waktu baca 1 menit
Pemasangan eartag digital untuk memantau PMK

BONDOWOSO-KEMPALAN: Upaya pengentasan penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Provinsi Jawa Timur semakin massif. Setiap hewan ternak yang sudah divaksin, kini dipasangi eartag yang berisi data digital tentang pemilik, asal sapi dan sudah berapa kali sapi tersebut divaksin.

Salah satu wilayah yang gencar melakukan vaksinasi dan pemasangan eartag adalah Kabupaten Bondowoso. “Alhamdulillah, sudah tahap tiga vaksinasi PMK. kami door to door kandang, masuk ke pelosok desa dan semuanya tidak dipungut biaya, ” jelas drh Ernik Zuli Yanti dari Tim Vaksin Puskeswan Curah Dami, Kabupaten Bondowoso kepada

Saat ditemui, Ernik melakukan vaksinasi dan pemasangan eartag bersama timnya yaitu drh Ni Made Mentari Maharani, Hari Purweni, Amd dan Slamet Effendi.

“Data sapi menjadi jelas. Jadi, andai sang pemilik sapi berniat menjual ternak nya, maka bisa diketahui record vaksinasi nya. Kapan, dimana dan sudah berapa kali, ” sambung dokter Ernik usai melakukan vaksinasi PMK dan pemasangan eartag di kandang sapi milik warga di Desa Jetis, Kecamatan Curah Dami, Kabupaten, Senin (24/10/2022). (*)

Editor: DAD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *