Porprov Jatim VII Akan Digelar 25 Juni-3 Juli di 4 Daerah

waktu baca 2 menit
M.Nabil, Ketua Umum KONI Jatim. (Foto: Istimewa)

SURABAYA-KEMPALAN: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, hingga saat ini memang belum mengeluarkan surat keputusan terkait gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VII. Namun, KONI Jatim telah memantapkan persiapan dan menentukan jadwal pelaksanaan.

“Menurut rencana Porprov VII akan digelar pada 25 Juni hingga 3 Juli 2022. Tapi, sampai sekarang kami masih menunggu keputusan gubernur,” kata Ketua Umum KONI Jatim M. Nabil, Kamis (3/3).

Seperti diketahui, Porprov VII tertunda setahun akibat pandemi Covid-19. Terakhir Porprov VI digelar pada 2019 di Lamongan, Tuban, Gresik, dan Bojonegoro. Kala itu, Kota Surabaya kembali tampil sebagai juara umum untuk keenam kalinya.

Dan kini, meski SK gubernur belum keluar, namun hal itu tidak menjadi kendala jalannya persiapan. Justru saat ini persiapan makin intens dilakukan oleh KONI Jatim dan empat daerah tuan rumah, yakni Jember, Lumajang, Situbondo, dan Bondowoso.

BACA JUGA: Pengurus Terbentuk, KONI Jatim Siapkan Rencana Kerja

Ketua Umum KONI Jatim M.Nabil mengatakan, saat ini persiapan sudah hampir 100 persen. Mulai dari persiapan venues mencapai 80-90 persen, hingga persiapan teknis yang terus dimatangkan. Sedangkan akomodasi akan diatur sendiri oleh kontingen. “Kalau persiapan kita tetap jalan, bahkan sudah mencapai 90 persen,” tegasnya.

Menurut Nabil, saat ini merupakan waktu yang ideal untuk melakukan pembinaan karena menjadi salah satu ajang merekrut atlet-atlet baru untuk masuk dalam Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Jatim proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Dengan itu, ada keberlanjutan pembinaan olahraga di Jatim.

BACA JUGA: Marciano: Fasilitas Sport Science KONI Jatim Bisa Diadopsi ke KONI Kota dan Kabupaten Lain

Terkait situasi Covid-19 yang tidak menentu dan mengancam gelaran Porprov VII, ia mengaku akan mempersiapkan format pertandingan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat seperti di PON XX/2021 Papua.

Sedang mengenai cabang olahraga (cabor), setidaknya ada 47 cabor yang akan dipertandingkan di Porprov VII/2022. Di mana, enam di antaranya sepak bola, bola voli, futsal, basket, catur, dan pencak silat yang akan menjalani Pra Porprov.

“Enam cabor ini harus menjalani Pra Porprov biar gak banyak peserta dan makan waktu pertandingan,” pungkas Nabil. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *