Amankah Bersihkan Telinga Gunakan Cotton Bud? Ini Jawaban Ahli

waktu baca 3 menit
Ilustrasi cotton bud

SURABAYA – KEMPALAN : Kebiasaan membersihkan telinga menggunakan cotton bud tidak dilarang, namun harus dilakukan dengan hati-hati dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien.  Hal ini disebabkan tidak semua jenis kotoran bisa dibersihkan secara mandiri.

Hal itu disampaikan oleh dr. Rosydiah Rahmawati, Sp.THT-KL(K) yang merupakan konsultan THT-KL bidang Otologi sekaligus pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Jumat (22/10). Dia mengatakan telinga terbagi menjadi 3 bagian yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam. Membersihkan telinga dengan cotton bud tidaklah dilarang namun harus hati-hati.

“Karena jenis kotoran itu bermacam-macam. Sebenarnya kotoran telinga itu berada di sisi luar, kadang gerakan membersihkan dengan cotton bud itu bisa mendorong kotoran malah masuk ke dalam. Itu yang dikhawatirkan,” katanya.

Dia menjelaskan kalau kotorannya hanya sedikit kemudian lembek dan dibersihkan hanya di luar itu tidak masalah. Tapi kalau kotorannya produksi banyak, besar, keras, dan cenderung bertumpuk maka kalau dibersihkan sendiri dengan cotton bud justru malah akan membuat kotoran masuk ke dalam telinga.

Kondisi liang telinga setiap orang berbeda, untuk membersihkannya secara aman Rosydiah menerangkan bahwa ada kalanya seseorang disarankan untuk pergi ke dokter spesialis THT-KL. “Mungkin ada kalanya lebih baik dibersihkan ke dokter THT supaya mengetahui kondisi kotoran dan liang telinga. Sehingga tahu bagaimana selanjutnya apakah bisa dibersihkan sendiri atau memang harus ke dokter THT untuk membersihkan kotoran telinga,” terangnya.

Next : Adapun obat tetes telinga yang dijual di pasaran…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *