Mancanegara

China Denda Alibaba dan Tencent karena Pelanggaran Konten Eksploitasi Anak

  • Whatsapp
Ilustrasi perusahaan Tencent pada sebuah acara. (AP)

BEIJING-KEMPALAN: Pengawas internet China pada Rabu (21/7) mengatakan telah mendenda platform yang dioperasikan oleh perusahaan e-commerce Alibaba dan perusahaan game Tencent karena menyebarkan konten menjurus ke seksual yang melibatkan anak-anak, karena regulator berusaha membersihkan konten yang berbahaya bagi anak di bawah umur.

Melansir dari APNews, platform yang termasuk aplikasi pasar e-commerce Alibaba Taobao, layanan pesan QQ Tencent, situs streaming langsung Kuaishou, platform microblogging Sina Weibo dan media sosial dan layanan e-commerce Xiaohongshu didenda karena mendistribusikan stiker bernada seksual atau video pendek anak-anak, katanya.

Perusahaan diperintahkan untuk memperbaiki masalah dan melarang akun yang menggunakan konten tersebut untuk menarik lebih banyak keuntungan.

Tindakan keras terhadap konten tidak pantas yang melibatkan anak di bawah umur dilakukan saat pemerintah meningkatkan pengawasan terhadap platform teknologi di negara tersebut. Regulator sedang menyelidiki perusahaan teknologi China atas berbagai masalah, termasuk praktik anti-persaingan dan praktik data. (APNews, Abdul Manaf)

Berita Terkait