Analisis Inggris vs Denmark

waktu baca 3 menit

LONDON-KEMPALAN: Denmark akan melakukan perjalanan ke London untuk pertandingan semifinal Kejuaraan Eropa melawan Inggris di Stadion Wembley pada hari Kamis (8/7), tim mana yang akan lolos ke final Euro 2020?

1 PERFORMA TIM

Tidak seperti semifinalis lainnya, Italia dan Spanyol yang akan bertemu pada hari Rabu (7/7), Denmark dan Inggris diuntungkan karena bisa memainkan semua pertandingan grup mereka di kandang karena format unik Euro tahun ini.

Inggris adalah kekuatan defensif terhebat di Euro 2020 dengan lima clean sheet. The Three Lions juga menjaga rekor tak terkalahkan mereka dengan catatan empat kemenangan dan satu hasil imbang.

Namun, The Three Lions sempat bermasalah di lini depan. Mereka hanya mencetak dua gol dari tiga pertandingan di babak penyisihan grup.

Akan tetapi, permasalahan tersebut telah usai menyusul kembali Harry Kane. Striker Tottenham itu mencetak satu gol pada kemenangan 2-0 di babak 16 besar atas Jerman. Dia juga mencetak dua gol lagi dalam kemenangan 4-0 atas Ukraina di perempat final.

Di sisi lain, Denmark sempat diragukan akan melaju jauh setelah memulai Euro 2020 dengan dua kekalahan menyusul insiden pingsannya Christian Eriksen di pertandingan pembuka melawan Finlandia.

Namun, kemenangan 4-1 dari Rusia di laga terakhir grup membuat mereka berhasil mengamankan satu tempat di babak 16 besar, Denmark kemudian berhasil melewati Wales di babak 16 besar menekuk Republik Ceko 2-1 di perempat final.

Kasper Dolberg memiliki tiga gol untuk Denmark, seperti halnya Raheem Sterling untuk Inggris.

2 SEJARAH

Ini merupakan kali kedua Denmark lolos ke semifinal Piala Eropa. Terakhir kali mereka memenangkan Euro adalah pada tahun 1992, yang menjadi salah satu cerita kemenangan gelar yang paling mengejutkan dalam olahraga karena Denmark baru diberitahu bahwa mereka akan bermain di Euro seminggu sebelum turnamen dimulai karena Yugoslavia dikeluarkan karena sedang dalam keadaan perang saudara.

Inggris belum pernah memenangkan trofi sejak Piala Dunia 1966 dan semifinal dan final saat itu dimainkan di Wembley, seperti pada turnamen tahun ini.

3 PELATIH

Gareth Southgate telah menjadi pelatih pertama yang memimpin Inggris ke semifinal berturut-turut sejak terakhir kali dilakukan Alf Ramsey pada 1966 dan 1968.

The Three Lions kalah dari Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018 pada turnamen pertamanya sebagai pelatih.

Sebagai pemain, Southgate mengalami sakit hati karena mengalami kekalahan pada pertandingan semifinal Kejuaraan Eropa yang dimainkan di Wembley pada tahun 1996.

Sementara Pelatih Denmark Kasper Hjulmand tidak pernah bermain untuk negaranya selama karirnya di lapangan hijau yang terbatas karena cedera.

4 KONDISI TIM

Saka yang kembali fit bisa menjadi starter untuk Inggris. Namun itu tergantung pada kepuasan Southgate apakah akan turun dengan formasi empat bek atau kembali ke tiga bek.

Jack Grealish dan Phil Foden sepenuhnya fit dan berharap untuk diturunkan kembali karena tidak tampil dalam kemenangan 4-0 atas Ukraina.

Di sisi lain, Denmark yang memulai turnamen dalam formasi 4-3-3 harus mengatur ulang formasi dan beralih ke bek tengah tiga orang usai playmaker Eriksen tidak dapat bermain lagi.

Skipper Kjaer akan diapit oleh Jannik Vestergaard dan Andreas Christensen di belakang, dengan gelandang tengah Thomas Delaney dan Pierre-Emile Hojbjerg yang akan berperan melindungi pertahanan dan memulai serangan.

Bek sayap Joakim Maehle dan Mikkel Damsgaard akan memberikan kreativitas sementara Kasper Dolberg, yang telah mencetak tiga gol dalam dua pertandingan, akan diberi peran sebagai penyerang sentral. (Sky Sports/Republik World, Edwin Fatahuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *