Amerika Serikat

Menuju KTT Putin-Biden, Trump Ejek Biden

  • Whatsapp
Mantan Presiden AS Donald Trump.

WASHINGTON-KEMPALAN: Mantan Presiden AS Donald Trump mencemooh penggantinya Joe Biden menjelang pertemuan puncak dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, dan mengenang pertemuan 2018 mereka di Helsinki yang katanya berhasil terlepas dari mata-mata AS dan media.

“Semoga sukses Biden dalam berurusan dengan Presiden Putin—jangan tertidur selama pertemuan, dan tolong beri dia salam hangat saya!” Trump mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (10/6).

Trump menyebut KTT Juli 2018 di Helsinki, Finlandia sebagai “pertemuan hebat dan sangat produktif” di mana AS “menang banyak, termasuk rasa hormat dari Presiden Putin dan Rusia” terlepas dari “penggambaran Berita Palsu yang terlambat” tentang apa yang terjadi.

“Mengenai siapa yang saya percaya, mereka bertanya, Rusia atau ‘Intelijen’ kami dari era Obama, yang berarti orang-orang seperti Comey, McCabe, dua kekasih, Brennan, Clapper, dan banyak sleezebags lainnya, atau Rusia, jawabannya, setelah semua yang telah ditemukan dan ditulis, harus jelas,” kata Trump dalam pernyataannya seperti yang dikutip Kempalan dari Russia Today.

Ia menambahkan bahwa Pemerintah Amerika Serikat jarang memiliki orang-orang rendahan seperti itu yang bekerja untuk permasalahan semacam di atas. Seraya mengucapkan “semoga sukses kepada Biden dalam menghadapi Putin – jangan tertidur selama pertemuan, dan sampaikan salam saya kepadanya (Putin).”

Biden dijadwalkan bertemu dengan Putin di Jenewa minggu depan. Moskow telah menggambarkan pertemuan itu sebagai “sangat, sangat penting” tetapi memperingatkan bahwa tidak ada yang harus memiliki harapan tinggi tentang hasilnya. Dmitry Peskov, juru bicara Pemerintah Rusia mengatakan, “tidak ada alasan untuk mengharapkan kemajuan dalam mencapai saling pengertian” atau mencapai pengaturan ulang hubungan. (Russia Today, reza hikam)

Berita Terkait