Bilateral

Malaysia Akan Deportasi Ribuan Migran Indonesia yang Tidak Berdokumen

  • Whatsapp
Seorang pekerja Indonesia yang memegang paspor. (SCMO)

KUALA LUMPUR-KEMPALAN: Indonesia sedang bersiap untuk menerima ribuan orang yang dideportasi dari Malaysia, kata seorang pejabat pemerintah pada Jumat (11/6), di tengah tindakan keras di sana terhadap pekerja tidak berdokumen dan karena negara itu menderita wabah virus corona paling parah sejauh ini.

Malaysia akan memulangkan sekitar 7.200 orang ke Indonesia, termasuk perempuan dan anak-anak yang ditahan di pusat-pusat penahanan, untuk dipulangkan terlebih dahulu, kata Femmy Eka Kartika Putri dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia Indonesia.

Jutaan pekerja tidak berdokumen dari Indonesia, Myanmar dan Nepal dan Bangladesh bekerja di Malaysia, seringkali di sektor perkebunan, konstruksi dan manufaktur.

Melansir dari Reuters, Malaysia telah memperkuat pendiriannya selama pandemi, menangkap dan mendeportasi ribuan migran tidak berdokumen. Kasus dan kematian COVID-19 mencapai tingkat rekor bulan lalu di Malaysia, yang memiliki kasus terbanyak di Asia Tenggara.

Kementerian luar negeri Malaysia mengarahkan pertanyaan seputar perpindahan itu ke departemen imigrasi, namun mereka menolak berkomentar di mana rencana itu muncul di tengah lockdown nasional.

Wahyu Susilo, pendiri Migrant Care, sebuah kelompok non-pemerintah, mengatakan pihak berwenang berjuang untuk mengakomodasi arus masuk yang direncanakan, tanpa sistem untuk memastikan perawatan yang memadai, seperti bantuan sosial.

“Tidak ada upaya mitigasi khusus pasca deportasi,” katanya. (Reuters, Abdul Manaf Farid)

Berita Terkait