Amerika Serikat

Biden: AS akan Donasikan 500 Juta Vaksin Covid-19

  • Whatsapp
Presiden AS Joe Biden berbicara tentang janji pemerintahannya untuk menyumbangkan 500 juta dosis vaksin virus corona Pfizer ke negara-negara termiskin di dunia, selama kunjungan ke St. Ives di Cornwall, Inggris, Kamis (10/6).

WASHINGTON-KEMPALAN: Menjelang KTT G-7 di Inggris, Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat secara resmi mengumumkan pemerintahannya menyumbangkan 500 juta dosis vaksin Pfizer untuk 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah.

“Setengah miliar vaksin ini akan mulai dikirim pada Agustus, segera setelah diluncurkan dari jalur produksi,” kata Biden Kamis (10/6) di Cornwall seperti yang dikutip Kempalan dari Voice of America.

Ia menambahkan, 200 juta dosis akan dikirmkan pada akhir tahun 2021 dan 300 juta dosis selanjutnya akan dikirimkan pada awal 2022. Adapun donasi ini diberikan tanpa syarat sama sekali.

“Sumbangan vaksin kami tidak termasuk tekanan untuk bantuan atau konsesi potensial. Kami melakukan ini untuk menyelamatkan nyawa, untuk mengakhiri pandemi ini,” kata Biden.

“Besok, negara-negara G-7 akan mengumumkan komitmen penuh kami,” kata Biden.

Albert Bourla, chief executive officer Pfizer, bergabung dengan pemimpin AS untuk pengumuman tersebut. Ia mengatakan, perusahaannya menguji respon vaksinnya terhadap varian baru virus corona, karena tidak ada satu varian pun yang lolos dari perlindungan yang diberikan olek vaksinnya.

Adapun, Leslie Vinjamuri dari Chatham House mengatakan AS tidak terlalu parokial dan fokus ke dalam. Ia menambahkan virus corona telah menjadi perhatian mendalam secara global seraya menambahkan AS tidak berbagi dosisi semenjak akhir pemerintahan Trump hingga awal masa Biden. (VoA, reza hikam)

Berita Terkait