Amerika Selatan

El Salvador akan Jadikan Bitcoin Sebagai Pembayaran yang Sah

  • Whatsapp
Nayib Bukele, presiden El Salvador. (El Universal)

SAN SALVADOR-KEMPALAN: Presiden El Salvador Nayib Bukele mengumumkan dalam rekaman pesan yang diputar pada konferensi Bitcoin di Miami bahwa minggu depan ia akan mengirimkan undang-undang yang diusulkan ke kongres negara yang akan membuat tender legal cryptocurrency di negara Amerika Tengah.

Presiden berusia 39 tahun itu telah mempertahankan peringkat persetujuan di atas 90% dan menjadikan Twitter sebagai alat berkomunikasi telah menggolongkannya sebagai ide yang dapat membantu El Salvador bergerak maju.

“Minggu depan saya akan mengirimkan ke Kongres RUU yang akan membuat Bitcoin menjadi alat pembayaran yang sah di El Salvador,” kata Bukele dalam pesannya pada hari Sabtu (5/6).

Melansir dari APNews, Dolar AS adalah mata uang resmi El Salvador. Sekitar seperempat warga El Salvador tinggal di Amerika Serikat dan tahun lalu, meskipun ada pandemi, mereka mengirim pulang lebih dari $6 miliar dalam bentuk remitansi.

Stephen McKeon, seorang profesor keuangan di University of Oregon yang mempelajari cryptocurrency, mengatakan Bitcoin legal untuk dimiliki di sebagian besar negara tetapi tidak pernah ditetapkan sebagai alat pembayaran yang sah, yang berarti dapat digunakan untuk menyelesaikan kewajiban keuangan, termasuk pajak.

Namun, dia menambahkan, “Tidak jelas apakah ada orang yang ingin membayar pajak mereka dalam Bitcoin.”

Sementara itu, menurut Bukele 70% penduduk El Salvador tidak memiliki rekening bank dan bekerja di ekonomi informal. Bitcoin dapat meningkatkan inklusi keuangan. (APNews, Abdul Manaf Farid)

Berita Terkait