Genosida Srebrenica

Sang Penjagal dari Bosnia Akhirnya Mendekam Seumur Hidup di Penjara

  • Whatsapp
Radovan Karadzic.

LONDON-KEMPALAN: Radovan Karadzic yang dijuluki “penjagal dari Bosnia” telah sampai di penjara di Pulau Wight di Inggris pada Minggu (30/5) yang mana ia akan menghabiskan seluruh hidupnya dalam tahanan. Ia diberangkatkan dari Belanda ke pulau lepas pantai selatan Inggris guna menyelesaikan masa hukumannya atas kejahatan perang dan genosida.

Mantan politisi berusia 75 tahun itu tiba di penjara Parkhurst setelah perjuangan hukum selama puluhan tahun untuk memenjarakannya karena perannya dalam mengatur genosida selama konflik Balkan pada 1990-an. Pada 2016, dia dijatuhi hukuman penjara 40 tahun. Karadzic dihukum karena perannya atas genosida dalam pembantaian Srebrenica tahun 1995 yang menewaskan 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim oleh pasukan Bosnia-Serbia.

Seorang juru bicara pemerintah Inggris mengatakan kepada surat kabar Metro: “Kami sedang bekerja untuk mengelola pemindahan Tuan Karadzic dengan aman. Mempromosikan dan menegakkan keadilan internasional adalah inti dari peran Inggris sebagai kekuatan untuk kebaikan di dunia.”

Dia juga dinyatakan bersalah atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan selama 44 bulan pengepungan Sarajevo, dan karena mengarahkan kampanye pembersihan etnis yang mengusir orang Kroasia dan Muslim dari wilayah yang diklaim Serbia di Bosnia. Pada 2019, hakim PBB di Den Haag memperpanjang masa hukuman penjara sebelumnya menjadi hukuman seumur hidup.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan awal bulan ini: “Karadzic adalah satu dari sedikit orang yang dinyatakan bersalah melakukan genosida. Dia bertanggung jawab atas pembantaian pria, wanita dan anak-anak di genosida Srebrenica, dan membantu menuntut pengepungan Sarajevo dengan serangan tanpa belas kasihan terhadap warga sipil.”

Raab menambahkan: “Kita harus bangga dengan fakta bahwa, dari dukungan Inggris untuk mengamankan penangkapannya, hingga sel penjara yang sekarang dia hadapi, Inggris telah mendukung 30 tahun pengejaran keadilan untuk kejahatan keji ini.” Karadzic ditangkap dan dikirim ke Pengadilan Kriminal Internasional untuk Bekas Yugoslavia (ICTY) pada 2008 setelah hampir satu dekade bersembunyi. (Arab News, reza hikam)

Berita Terkait