MotoGP

Quartararo Menangi GP Italia, Para Rival Kesulitan

  • Whatsapp
Balapan di Sirkuit Mugello pada Minggu (30/5) (web resmi MotoGP)

SCARPERIA-KEMPALAN: Fabio Quartararo keluar menjadi pemenang MotoGP Italia 2021 pada Minggu (30/5) disussul oleh Miguel Oliveira dan Joan Mir.

Balapan yang berlangsung di Sirkuit Mugello diawali dengan drama Enea Bastianini yang jatuh usai menghindari Johann Zarco yang rem mendadak ketika kembali ke starting grid setelah warm up lap. Bastianini kemudian mengambil motor dari pit lane.

Pada saat balapan dimulai, Francesco “Pecco” Bagnaia yang start dari posisi kedua bersaing ketat dengan Fabio Quartararo untuk memimpn balapan. Sempat memimpin di lap.pertama, Pecco mengalami crash di lap kedua dan ia gagal finis untuk memimpin klasemen. Marc Marquez juga jatuh di lap yang sama.

Meski persaingan dengan Pecco berakhir, Quartararo harus berhadapan dengan Zarco untuk memperebutkan posisi terdepan. Memasuki lap kedelapan, El Diablo berhasil menjauh dari Zarco dan mencatatkan waktu terpaut 1,7 detik.

Miguel Oliveira yang tidak difavoritkan kemudian menunjukkan penampilan yang impresif usai memperoleh posisi ketiga di lap kesembilan. Pebalap KTM itu berhasil memperpendek jarak dengan Zarco 0,5 detik dan unggul 2,2 detik atas Joan Mir

Quartararo kemudian melaju kencang tak teerkjar di lap ke-13 dengan mencatatkan gap 3,3 detik terhadap Zarco.

Di lap ke-16, balapan berjalan semakin seru ketika Oliveira berhasil menyalip Zarco dan duo Suzuki Joan Mir dan Alex Rins tepat di belakang keduanya. Akhirnya, Mir mampu menyalip Zarco di lap ke-17

Alex Rins sempat menyalip Zarco di lap ke-18. Naas, pebalap Spanyol itu mengalami crash di lap ke-19.

Dengan disalipnya Zarco, pebalap asal Prancis itu gagal memdapatkan podium untuk memperpendek jarak dengan Quartararo di klasemen Juara Dunia MotoGP 2021.

Quartararo keluar sebagai pemenang MotoGP Italia 2021 dengan gap 2,592 detik atas Oliveira. Oliveira sempat turun di posisi ketiga usai melakukan pelanggaran track limit di lap terakhir. Namun, Joan Mir ternyata melakukan hal yang sama sehingga podium kedua masih milik Oliveira dan ketiga milik Mir.

Johann Zarco harus puas finis di posisi keempat disusul Brad Binder di posisi kelima. Jack Miller, Aleix Espargaro, Maverick Vinales, Danilo Petrucci, dan Valentino Rossi secara berurutan melengkapi daftar sepuluh besar MotoGP Italia 2021.

Dengan hasil ini, Quartarario jauh di posisi pertama klasemen sementara Juara Dunia MotoGP 2021 dengan raihan 105 poin disusul Johann Zarco dengan 81 poin dan Pecco dengan 79 poin.

Seri MotoGP selanjutnya akan dilaksanakan di DSirkuit Barcelona, Catalonia, Spanyol pada tanggal 6 Juni 2021. (Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait