Ekspedisi Luar Angkasa

Astronot China Berangkat Bulan Depan

  • Whatsapp
Gambar dari rekaman video oleh CCTV China menunjukkan rekaman kamera modul inti Tianhe yang menunjukkan pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou 2 mendekati pada hari Minggu, 30 Mei 2021. (APNews)

BEIJING-KEMPALAN: Tiga awak astronot pria akan diluncurkan bulan depan untuk misi tiga bulan di stasiun luar angkasa baru China, menurut seorang pejabat luar angkasa yang merupakan astronot pertama negara itu di orbit.

The Tianhe, atau Harmoni Surgawi, adalah stasiun luar angkasa ketiga dan terbesar yang diluncurkan oleh program luar angkasa China yang semakin ambisius. Modul intinya diluncurkan ke orbit 29 April.

Kapsul Shenzhou 12 yang membawa awak akan diluncurkan dari pangkalan Jiuquan di barat laut China bulan depan, kata Yang Liwei, wakil kepala desainer program luar angkasa berawak, dalam komentar yang disiarkan Sabtu (29/5) oleh China Central Television.

Melansir dari APNews, Ditanya apakah wanita akan menjadi kru, Yang berkata, “di Shenzhou 12 kami tidak memilikinya, tetapi misi setelah itu semua akan memilikinya.”

Pesawat ruang angkasa Tianzhou-2 yang berlabuh dengan Tianhe pada hari Minggu (30/5) membawa 6,8 ton kargo termasuk pakaian luar angkasa, makanan dan peralatan untuk astronot dan bahan bakar untuk stasiun tersebut, menurut program luar angkasa.

Beijing tidak berpartisipasi dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional, sebagian besar karena keberatan AS. Washington mewaspadai kerahasiaan program China dan koneksi militernya.

China telah mengirim 11 astronot, termasuk dua wanita, ke luar angkasa dimulai dengan penerbangan Yang pada bulan Oktober 2003. Astronot wanita pertama adalah Liu Yang pada tahun 2012.

Semua astronot China hingga saat ini adalah pilot dari sayap militer Partai Komunis yang berkuasa, Tentara Pembebasan Rakyat. (APNews, Abdul Manaf Farid)

Berita Terkait