Obituari

Pembalap Moto3, Jason Dupasquier Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Kecelakaan Moto3 Sabtu (29/5)

SCARPERIA-KEMPALAN: Pembalap Moto3 Swiss Jason Dupasquier meninggal pada usia 19 karena cedera yang dideritanya dalam kecelakaan dalam kualifikasi di Grand Prix Italia, penyelenggara MotoGP mengumumkan pada Minggu (30/5).

“Kami sangat sedih melaporkan kehilangan Jason Dupasquier,” kata MotoGP di Twitter.

“Atas nama seluruh keluarga MotoGP, kami mengirimkan cinta kami kepada timnya, keluarganya, dan orang-orang terkasih. Anda akan sangat dirindukan, Jason. Ride in Peace,” tambah pernyataan itu.

Rumah sakit Careggi di Florence yang merawat Dupasquier mengonfirmasi kepada AFP bahwa remaja itu menderita cedera otak “tidak sesuai dengan kehidupan” dalam kecelakaan multi-sepeda di Mugello pada hari Sabtu.

Dupasquier, di musim keduanya di Moto3, jatuh dan ditabrak oleh setidaknya satu motor, sebelum meluncur di sepanjang lintasan, selama kualifikasi.

Dokter bergegas ke tempat kejadian dan setelah merawatnya selama 40 menit di sirkuit membawanya ke rumah sakit.

Dia menjalani operasi dada semalaman “untuk lesi vaskular” dan menderita “kerusakan otak yang parah”, juru bicara rumah sakit mengatakan kepada AFP Minggu pagi.

Badan pengelola sepeda motor FIM, asosiasi payung IRTA tim, dan pemegang hak komersial olahraga DORNA mengeluarkan pernyataan bersama tentang berita tragis tersebut.

“Menyusul insiden serius di sesi Kualifikasi Moto3 2 di Gran Premio d’Italia, dengan sangat sedih kami melaporkan meninggalnya pembalap Moto3 Jason Dupasquier,” bunyi pernyataan itu.

Dikatakan setelah petugas medis kecelakaan Dupasquier “tiba di lokasi segera dan pengendara Swiss itu dirawat di sirkuit” sebelum dipindahkan ke rumah sakit.

“Terlepas dari upaya terbaik dari staf medis sirkuit dan semua yang kemudian merawat pembalap Swiss itu, rumah sakit telah mengumumkan bahwa Dupasquier dengan sedih menyerah pada luka-lukanya,” lanjut pernyataan itu.

Timnya, Pruestel GP, telah mengundurkan diri dari balapan pada Minggu (30/5), memposting di Facebook: “PruestalGP memutuskan untuk tidak balapan hari ini di #italianGP. Situasi @ jasondupasquier50 masih kritis dan semua pikiran kita bersamanya. ”

Tom Luthi, pebalap Swiss yang membalap di Moto2, juga mengundurkan diri dari grand prix Minggu (30/5) untuk dekat dengan keluarga Dupasquier di rumah sakit, tim SAG Racing mengumumkan.

Ayumu Sasaki dari Jepang dan pembalap Spanyol Jeremy Alcoba adalah orang lain yang terlibat dalam kecelakaan mengerikan itu. Penyelenggara melaporkan bahwa keduanya “baik-baik saja”.

Pemimpin kejuaraan MotoGP Fabio Quartararo telah mendedikasikan lap kualifikasi untuk merebut pole ke Dupasquier pada Sabtu (29/5).

Pebalap Moto3 asal Swiss, Jason Dupasquier (Crash)

Dupasquier, yang ayahnya Philippe adalah mantan pebalap motorcross, berada di musim keduanya di Moto3.

Membalap untuk tim Jermannya, dia menyelesaikan musim rookie Moto3 tahun lalu tanpa poin di urutan 28 dalam klasemen keseluruhan.

Setelah lima balapan pada 2021 ia menempati di urutan ke-10 dengan 27 poin.

Pernyataan bersama FIM mencatat, “Dupasquier telah membuat awal yang mengesankan untuk musim keduanya di kelas ringan balap Grand Prix, secara konsisten mencetak poin dan berada dalam sepuluh besar di klasemen.

“FIM, IRTA, MSMA, dan Dorna Sports menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga, teman, tim, dan orang-orang terkasih Dupasquier.”

Kematian terakhir dalam kejuaraan dunia sepeda motor adalah Luis Salom dari Spanyol, yang meninggal dalam latihan di Grand Prix Moto2 Catalonia di Barcelona pada 2016. (AFP, Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait