China-Uzbekistan: Fasilitasi Bea Cukai dan Spesialisasi Pertanian

waktu baca 2 menit
Perdana Menteri China Li Keqiang mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Uzbekistan Abdulla Aripov melalui tautan video di Beijing. (Xinhuanet)

BEIJING-KEMPALAN: Perdana Menteri China Li Keqiang mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Uzbekistan Abdulla Aripov melalui tautan video Selasa (8/6), berjanji untuk bekerja dengan Uzbekistan untuk mendorong hubungan bilateral ke tahap baru.

Perdana Menteri China mengungkapkan harapan bahwa kedua belah pihak dapat memperdalam kerja sama di semua bidang sejalan dengan prinsip-prinsip pasar dan aturan bisnis untuk lebih bermanfaat bagi rakyat kedua negara.

China bersedia memfasilitasi bea cukai spesialisasi pertanian dari Uzbekistan, tambahnya.

Melansir dari Xinhuanet, Li mengatakan sejak merebaknya COVID-19, China dan Uzbekistan telah saling mendukung dan membantu untuk mendorong kerja sama praktis, yang telah memainkan peran positif dalam pemulihan ekonomi kedua negara.

China siap bekerja sama dengan Uzbekistan untuk melakukan pertukaran tingkat tinggi yang lebih dekat, memperkuat kepercayaan politik timbal balik dan memperdalam kerja sama praktis di seluruh bidang, katanya.

Li mengatakan China akan bergandengan tangan dengan Uzbekistan untuk memerangi COVID-19, memberikan bantuan dalam kapasitas China kepada Uzbekistan, mendukung perusahaan dari kedua negara untuk melakukan produksi vaksin bersama berdasarkan prinsip saling menguntungkan dan hasil yang saling menguntungkan.

Mencatat bahwa 2022 akan menandai peringatan 30 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara kedua negara, Li menyatakan harapannya untuk mengadakan perayaan dalam berbagai bentuk, meningkatkan pertukaran orang-ke-orang, dan mempererat saling pengertian dan persahabatan tradisional antara kedua bangsa.

Dia meminta kedua negara untuk memberikan peran penuh pada mekanisme kerja sama antar pemerintah, mengeksplorasi lebih lanjut dan memperdalam kerja sama di bidang perdagangan, investasi, energi, dan interkonektivitas untuk mendorong pengembangan hubungan bilateral yang lebih besar. (Xinhuanet, Abdul Manaf Farid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *