Wali Kota Eri Siap Gunakan Teknologi ITS untuk Sejahterakan Warga Surabaya

waktu baca 2 menit
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi

SURABAYA-KEMPALAN: Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menggelar halalbihalal bersama Ikatan Alumni (IKA) Institut Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) di rumah dinas Wali Kota Surabaya di Jalan Sedap Malam, Sabtu (4/5). 

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri meminta kepada Rektor ITS Ir. Bambang Pramujati, IKA ITS, beserta civitas akademika untuk bersinergi dalam membangun Kota Surabaya melalui pengembangan inovasi teknologi. 

Sebab, Pemkot Surabaya bertekad menggunakan berbagai produk hasil pengembangan teknologi yang diciptakan oleh ITS untuk menyejahterakanwarga Kota Pahlawan. 

“Saya sudah bertekad menggunakan teknologinya ITS untuk menyejahterakanKota Surabaya. Saya minta tolong Pak Rektor dan seluruh anak ITS menciptakan teknologi untuk kebaikan warga Kota Surabaya,” kata Eri Cahyadi.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi halalbihalal bersama IKA ITS di rumah dinas Wali Kota Surabaya di Jalan Sedap Malam, Sabtu (4/5). 

Seperti motor listrik dan alat pengering ikan bertenaga listrik. Dua teknologi itu dinilai sangat berarti bagi warga Kota Pahlawan. “Insya Allah nanti Pemkot Surabaya akan berkolaborasi dengan ITS untuk menciptakan dan mengembangkanitu semua,” tegasnya.

Eri bercerita, alat pengering ikan bertenaga listrik yang diciptakan oleh ITS adalah salah satu inovasi guna mendukung UMKM di kawasan Jalan Cumpat Surabaya. Jika sebelum adanya alat tersebut, ikan hasil tangkapan nelayan dikeringkan di bawah terik matahari di pinggir jalan. 

“Sekarang dengan alat yang diciptakan ITS yang hari ini dipakai untuk dicoba, ternyata mengeringkan ikan menggunakan alat itu maupun dengan terik matahari hasilnya sama, itu luar biasa. Jadi tidak repot jika mendung, ikan bisa dikeringkan melalui alat itu,” ungkapnya.

Di samping itu, ketika menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, ia sering bertemu dengan banyak kepala daerah lainnya di Indonesia. Ia tak menyangka bahwa banyak kepala daerah yang merupakan lulusan ITS. 

“Ternyata yang ada di daerah, pejabat di daerah, itu banyak lulusan ITS. Ini berarti ITS ada di mana-mana yang selalu memberikan ilmunya. Ini sangat luar biasa,” tuturnya.

Eri menambahkan, demikian pula di Kota Surabaya, tidak sedikit para lulusan ITS yang berada di lingkup Pemkot Surabaya. “Tapi memang ITS itu luar biasa. Pejabat saya, ini saya tidak milih-milih, tapi setelah diuji kompetensinya, rata-rata kepala dinas dan kepala bidang itu adalah lulusan ITS semua,” imbuhnya.

Melalui pembuktian tersebut, Eri meyakini bahwa Pemkot Surabaya bersama ITS mampu bergotong-royong untuk menyejahterakanwarga di Kota Surabaya.

“Saya mengundang seluruh alumni ITS, ayo kita bangun Kota Surabaya untuk memberikan kesejahteraan bagi Kota Surabaya. Serta, semoga pertemuan ini menguatkan kinerja kita bersama karena kekuatan kita adalah kekuatan gotong-royong,” pungkasnya. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *