Masyarakat Antusias Ikuti Pengobatan Gratis IKA Unair Sidoarjo

waktu baca 3 menit
dr Siti Hanafiyah melayani masyarakat yang mendatangi bakti sosial pengobatan gratis yang digelar IKA Unair Sidoarjo, Minggu (29/10/2023). (Foto Reha/Kempalan.com)

SIDOARJO-KEMPALAN: Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Sidoarjo menggelar bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di Balai Desa Kompleks AURI Lemahputro Sidoarjo, Minggu (29/10/2023).

Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis tersebut disambut antusias dari masyarakat. Terbukti, sejak pagi mereka sudah antre di Posko Kesehatan IKA Unair untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Ketua IKA Unair Sidoarjo drg Abdi Khizam mengatakan, layanan kesehatan yang diberikan oleh IKA Unair antara lain, pemeriksaan kolesterol, asam urat, gula darah dan hipertensi. Masyarakat yang datang berobat dilayani oleh dokter-dokter IKA Unair yang sudah berpengalaman. Mereka adalah dr Siti Hanafiyah, dr Endah dan dr Nurul.

“Bakti sosial yang kami adakan ini sebagai bakti alumni Unair kepada masyarakat dalam rangka Hari Santri Nasional 2023,” kata Ketua Panitia Wardoyo S.Sos.

Dikatakannya, demi suksesnya bakti sosial ini, IKA Unair menggandeng RS Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong dan apoteker alumni Unair yang tergabung dalam Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) cabang Sidoarjo.

“Untuk mendukung baksos IKA Unair kami menurunkan sebanyak 16 tenaga medis, dua orang adalah dokter,” kata Wakil Direktur RS Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong Komisaris Polisi Tri Retno Utami.

Tim IKA Unair foto bareng dengan wakil direktur RS Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong, Kompol Tri Retno Utami seusai baksos pengobatan gratis.

Menurut Retno, kehadiran tenaga medis dari RS Polri tak sekadar mendukung baksos IKA Unair. “Di sisi lain, kami juga ingin turun langsung melayani masyarakat,” ujarnya.

Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat IKA Unair Sidoarjo drg Izzatul Aini Minhadj M.Sp. Perio menambahkan, kegiatan ini dapat dilaksanakan atas ajakan Banom (Badan Otonom) NU Kecamatan Sidoarjo. Banom NU meminta IKA Unair agar ikut berpartisipasi pada Hari Santri 2023 dengan mengadakan bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis.

“Ajakan itu tentu kami sambut dengan tangan terbuka. Oleh karena itu, kami menghubungi RS Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong dan IAI. Dan, Alhamdulillah mereka mendukung. Karena itu kami menggandeng mereka dalam kegiatan ini,” imbuh Aini.

“Kami sangat bersyukur bisa berpartisipasi dalam acara Fatayat NU Kecamatan Sidoarjo dalam rangka Hari Santri 2023,” tambahnya.

Terbanyak mengidap kadar gula dan kolesterol tinggi

Sementara itu, dari hasil cek lab terbanyak ditemukan mengidap penyakit dengan kadar gula dan kolesterol tinggi. Menurut dr Siti Hanafiyah, pada pasien dengan kadar gula tinggi bisa disebabkan karena penderita mempunyai riwayat Diabetes Mellitus (DM). Karenanya, dr Hana menganjurkan gizi makanan tetap diperhatikan dan dijaga.

Keluhan lainnya: badan pegal-pegal atau capek, sakit kepala, nyeri sendi/linu-linu, kesemutan dan ISPA.

“Penyebabnya karena kadar gula dan kadar kolesterol yang tidak terkontrol atau penderita DM yang tidak teratur minum obat DM nya,” katanya.

dr Hana menyarankan, kontrol rutin tiap bulan kadar gula bagi penderita DM.
Demikian juga bagi yang punya riwayat kolestrol atau asam urat tinggi. Dianjurkan rutin kontrol kadar kolesterol dan asam urat minimum sebulan sekali.
“Dan, jangan lupa minum obat dengan teratur serta olahraga minimal dua kali dalam seminggu,” pesannya. (Muhammad Tanreha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *