Menu

Mode Gelap

kempalanggun · 1 Jul 2022 12:21 WIB ·

Teriakan Anies Presiden Terdengar di Gerbang Chinatown Jakarta


					Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan sejumlah tokoh Tionghoa di antara warga yang memadati area peresmian Gapura Chinatown Jakarta di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Kamis 30 Juni 2022. (Foto Kelurahan Tamansari) Perbesar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan sejumlah tokoh Tionghoa di antara warga yang memadati area peresmian Gapura Chinatown Jakarta di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Kamis 30 Juni 2022. (Foto Kelurahan Tamansari)

JAKARTA–KEMPALAN: Di sela peresmian gapura Chinatown Jakarta, ada peristiwa menarik. Seorang tokoh Tionghoa meneriakkan setujukah Anies Baswedan menjadi presiden dan warga yang ada di sekitarnya menjawab lantang, setuju.

“Setujukah Anies Baswedan menjadi presiden? (terdengar suara warga menjawab setuju) Setuju? (kembali terdengar suara warga menjawab setuju) Tujuh kali tujuh empat sembilan. Setuju tidak setuju, yang penting penampilan,” kata lelaki paruh baya berpakaian batik coklat dan berkaca mata itu sembari menunjuk nama Gubernur Anies pada prasasti di bagian kanan bawah gapura tersebut, dalam video yang diterima Jumat 1 Juli 2022.

Diketahui, tokoh tersebut adalah Ketua Umum DPP Majelis Tao Indonesia Andi Hakim. Sejumlah tokoh Tionghoa memang hadir dalam acara ini. Selain Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Jakarta Anwar Budiman, tampak H Jusuf Hamka dan beberapa tokoh Tionghoa lainnya.

Peresmian gapura Chinatown Jakarta di kawasan Glodok, Jakarta Barat, pada Kamis 30 Juni 2022 oleh Gubernur Anies pun sangat meriah dan dipadati warga.

“Padat dan 80 persen warga Tionghoa. Luar biasa,” ujar Lurah Tamansari Abdul Malik dihubungi.

Camat Taman Sari Agus Sulaiman menjelaskan bahwa persiapan acara tersebut dilakukan secara matang sehingga berlangsung lancar dan antusiasme warga luar biasa.

“RT, RW, LMK, FKDM, PKK, saya kerahkan semua. Ikhtiar tidak akan mengkhianati hasil,” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan berharap gapura Chinatown Jakarta menjadi salah satu simbol persatuan dan kesetaraan warga di Jakarta.

“Peresmian ini menjadi pengingat kita bersama bahwa keberagaman yang ada di sekitar kita adalah karunia dari Yang Maha Kuasa, sedangkan persatuan adalah ikhtiar kita bersama,” ucap Anies di lokasi.

Anies meminta Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) maupun masyarakat sekitar Gapura Chinatown yang direncanakan pada tahun 2018 untuk merawat bersama-sama.

“Hal ini harus kita rawat bersama-sama. Lalu, gapura yang sempat kami bahas pada 2018, sekarang sudah berdiri tegak. Semoga ini juga menjadi penanda bahwa Kota ini penuh dengan sejarah, serta kesetaraan akan hadir untuk semuanya,” ujarnya.

Anies juga mengapresasi INTI atas kolaborasi dalam merealisasikan proses pembangunan Gapura Chinatown Jakarta.

“Semoga melalui pembangunan ini, tidak hanya akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk semakin menarik wisatawan, tetapi juga sebagai pengingat dalam merawat nilai-nilai tradisi yang telah diwariskan kepada kita,” demikian Anies Baswedan. (kba)

Editor: Freddy Mutiara

 

Artikel ini telah dibaca 2,282 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Hari Guru Nasional, Gubernur Khofifah Pacu Semangat Guru Telurkan Inovasi

25 November 2022 - 10:11 WIB

Mahasiswa Fikom UC Bantu Masyarakat Jawab Keresahan Penggunaan HP Berlebih pada Anak

22 November 2022 - 16:37 WIB

Mahasiswa UC Ajak Anak-anak Belajar Bahasa Internasional

20 November 2022 - 21:45 WIB

Fikom UC Ajak Karang Taruna Muda Lebo Agung Bikin Konten Menarik

20 November 2022 - 18:35 WIB

Mengasah Kreativitas Anak SD, Mahasiswa Fikom UC Ajarkan Membatik dengan Ecoprint

13 November 2022 - 20:50 WIB

Resmikan Green House Masjid Al-Akbar, Gubernur Khofifah Panen dan Cicipi Manisnya Tiga Varietas Golden Melon

12 November 2022 - 12:26 WIB

Trending di kempalanggun