Rusia

Putin Tuding AS Gunakan Dolar sebagai Senjata Politik

  • Whatsapp
Putin berpidato di Forum Ekonomi Tahunan, St. Petersburg, Rusia (ANews).

MOSKOW-KEMPALAN: Presiden Rusia Vladimir Putin ketika berbicara di Forum Ekonomi Tahunan di St. Petersburg pada Jumat (4/6) mengatakan AS menggunakan dolar sebagai alat perang politik dan ekonomi.

Ia juga mengatakan, Rusia mempertimbangkan menggunakan mata uangnya sendiri atau euro untuk transaksi jual-beli minyak dan gas yang akan menjadi pukulan terhadap dolar AS ketika perusahaan minyak Rusia berhenti menggunakan mata uang itu, tapi Moskow tidak ingin melakukan hal itu.

Presiden Rusia itu berharap untuk memperbaiki hubungan dengan AS yang merenggang akhir-akhir ini saat ia bertemu Biden dalam konferensi yang sudah direncanakan pada akhir bulan ini.

“Kita harus menemukan cara untuk memperbaiki hubungan ini,” ujarnya seraya menambahkan bahwa hubungan AS dan Rusia berada pada titik terendahnya.

Putin mengatakan sanksi AS terhadap Rusia didorong oleh kompetisi politik dalam negeri di AS dan merupakan sesuatu yang masih menjadi pertanyaan bagi Rusia. Ia juga mengatakan AS secara terbuka ingin menghambat perkembangan negaranya.

Ia juga menyampaikan dalam forum itu, Rusia telah menyelesaikan garis pertama dalam pipa gas Nord Stream 2 di Jerman dan siap untuk melakukan hal yang sama dengan Eropa. (ANews, reza hikam)

Berita Terkait