Obituari

Aktor Kabuki sekaligus Aset Nasional Jepang, Kataoka Hidetaro Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Kataoka Hidetaro (Japan Times)

OSAKA-KEMPALAN: Kataoka Hidetaro, seorang aktor Kabuki dan aset nasional Jepang, telah meninggal karena penyakit paru obstruktif kronis, kata Shochiku Co., produser pertunjukan Kabuki, Kamis (27/5). Dia tutup usia pada umur 79 tahun.

Hidetaro, yang meninggal di rumahnya di Suita, Prefektur Osaka, pada Minggu (23/5), lahir sebagai putra kedua dari aktor Kabuki terkenal, Kataoka Nizaemon XIII. Dia dibesarkan di salah satu keluarga Kabuki paling bergengsi, Matsushimaya bersama saudara laki-lakinya Gato dan Nizaemon XV.

Melansir dari Kyodo News, Hidetaro membuat debut panggungnya pada tahun 1946 dan kemudian membuat namanya menjadi onnagata yang luar biasa, aktor pria yang berspesialisasi dalam peran lawan jenis, karena ia unggul dalam memerankan berbagai wanita termasuk pelacur dan ibu rumah tangga, dan dari muda hingga tua.

Ia dikenal sebagai juara akting gaya Kamigata yang berasal dari daerah Kyoto dan Osaka, dan mewariskan tradisi khas Kabuki di Tokyo kepada aktor-aktor yang lebih muda.

Di sekolah Shochiku Kamigata Kabuki yang dibuka pada tahun 1997, Hidetaro mengajar akting Kabuki untuk pemuda dari keluarga biasa di daerah Kansai di Jepang barat. Dia juga mengajar dasar-dasar akting onnagata di sekolah untuk anak-anak di Teater Kabukiza di Tokyo.

Penampilan terakhirnya adalah di Teater Minamiza di Kyoto pada bulan Desember sebagai Lady Fuji dalam “Kumagai Jinya.”

Hidetaro ditetapkan sebagai harta nasional yang hidup pada 2019 dan menerima Order of the Rising Sun, Gold Rays with Rosette pada 2021. (Kyodo News, Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait